Semua Jenis Vaksin Covid-19 Sama, Hanya Efeknya Berbeda Bagi Setiap Orang


237 view
Semua Jenis Vaksin Covid-19 Sama, Hanya Efeknya Berbeda Bagi Setiap Orang
Foto SIB/Desra Gurusinga
Serahkan : Anggota DPRD Medan Johannes Hutagalung SSos menyerahkan souvenir kepada peserta Sosperda No.4 Tahun 2012, Sabtu Sore (4/12/2021) di Jalan Puskesmas 2 Gang Baru Lingkungan 11 Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal. 

Medan (harianSIB.com)

Di masa pandemi Covid-19 ini, warga harus bersedia divaksin. Karena vaksin Covid-19 ini sangat berguna untuk menangkal virus dan meningkatkan imun tubuh.

“Artinya, imun tubuh yang kuat akan mampu melawan Covid-19 sehingga tidak terlalu parah akibat dari serangan virus ini,” ujar perwakilan RS Advent dr Dody Sinambela menjawab pertanyaan warga saat pelaksanaan Sosialisasi Perda (Sosperda) XII No.4 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan yang digelar Anggota DPRD Medan Johannes Hutagalung SSos, Sabtu sore (4/12/2021) di Jalan Puskesmas 2 Gang Baru Lingkungan 11 Kelurahan Lalang Kecamatan Medan Sunggal.

Jurnalis Koran SIB Desra Gurusinga, melaporkan, bahwa menurur dr Dody, sebenarnya vaksin jenis apapun tetap bekerja melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Hanya saja, efek dari vaksin yang disuntikkan kepada setiap orang bisa berbeda-beda. “Ada yang setelah divaksin, demam. Namun ada juga yang setelah divaksin tidak demam,” ujarnya menjawab pertanyaan warga, kenapa anaknya yang divaksin bisa demam sementara temannya tidak.

Sementara itu, Johannes juga menyebutkan hal yang sama di mana vaksin itu sangat perlu di saat pandemi Covid-19. Namun diingatkannya, vaksin 1 dan vaksin 2 hendaknya tidak terlalu jauh agar benar-benar kekebalan tubuh terjaga.

Selain itu, jenis vaksin yang diterima pertama sekali hendaknya sama dengan vaksin kedua. “Lebih baik jenis vaksinnya sama pada vaksin 1 dan 2, sehingga lebih tepat. Bukan berarti kalau vaksin 1 dan 2 berbeda jenisnya tidak bagus. Akan lebih baik kalau jenis vaksin 1 dan 2 sama,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Terkait jenis vaksin yang bagus, Hutagalung menyebutkan, semuanya bagus. Hanya beberapa orang yang menyebutkan ada perbedaan jenis vaksin. “Bahkan di luar negeri, ada jenis vaksin yang tidak diakui mereka kalau warga negara lain masuk hanya divaksin jenis lokal. Namun pada dasarnya, semua vaksin sama saja, hanya jenisnya saja yang berbeda,” ujarnya.

Untuk itu, politisi yang duduk di Komisi II DPRD Medan ini, menganjurkan agar semua warga mendapatkan vaksin. Dengan mendapatkan vaksin, warga sudah menjaga kekebalan tubuh dan menyukseskan program pemerintah dalam memerangi dan mengurangi penyebaran Covid-19. (*)

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com