Sentra Pengolahan Jagung akan Dibangun di Tanjung Pasir Simalungun


215 view
Sentra Pengolahan Jagung akan Dibangun di Tanjung Pasir Simalungun
Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang
Kepala Disperindag Simalungun, Leo Lopulisa Haloho. 

Simalungun (harianSIB.com)

Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memprogramkan pembangunan sentra pengolahan jagung, di Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun.

Hal itu dikatakan Kepala Disperindag Simalungun, Leo Lopulisa Haloho kepada harianSIB.com, Kamis (8/12/2022).

Ia menjelaskan tujuan dibangunnya sentra pengolahan jagung adalah untuk memudahkan petani dalam pemasaran produk jagung dan menjamin kepastian harga.

Pada tahun 2023 mendatang, Disperindag Simalungun akan melakukan sejumlah lompatan besar.

Selain pembangunan sentra pengolahan jagung, juga akan menginisiasi 100 IKM (Industri Kecil Menengah) dan 26 TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) agar memiliki sertifikasi label halal.

Pihaknya akan terus mendorong dan memfasilitas IKM agar memiliki sertifikasi halal. Sertifikasi halal menjadi bukti bahwa produk yang diperjualbelikan memenuhi syarat sesuai fatwa MUI, sehingga mendatangkan profit bagi pengusaha dan kenyamanan untuk konsumen.

Program lainnya yang akan dilaksanakan Disperindag pada tahun depan yaitu pemanfaatan rest area dan resi gudang yang berada di Kecamatan Purba, dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Disperindag Simalungun juga memprogramkan pengembangan sentra produksi madu dan Rumah Kemasan IKM di Raya Usang yang bakal dijadikan sebagai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD).

Lompatan lainnya, Disperindag mencanangkan penerapan Tera baru dan ulang (tanda uji pada alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang dipakai dalam perdagangan). (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com