Sepi Pembeli, Petani Jeruk di Simalungun Mengeluh


207 view
Sepi Pembeli, Petani Jeruk di Simalungun Mengeluh
Foto : SIB/Mey Hendika Girsang
JERUK : Inilah jeruk petani tidak dipanen meski sudah layak panen. Hal itu terjadi karena pembelinya tidak ada. Foto dipetik, Rabu (12/1) di perladangan Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun.

Simalungun (SIB)

Sejumlah petani jeruk di Kabupaten Simalungun wilayah Kecamatan Silimakuta, Purba, Pematang Silimahuta dan Dolok Silau mengeluh. Pasalnya, jeruk petani sepi pembeli.


"Saat ini tanaman jeruk petani sudah memasuki musim panen. Buah jeruk itu sudah rata-rata menguning di pokok. Namun pembelinya sepi," keluh petani daerah itu, di antaranya Jonel Saragih, Anto Girsang dan Defri Haloho, Rabu (12/1) secara terpisah.


Menurut Jonel, keadaan ini baru pertama kali terjadi dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun terakhir. Akibatnya petani mengeluh lantaran buah jeruk sudah layak panen tapi tidak ada pembeli.


"Biasanya, walaupun harga murah atau mahal, selalu ada pembelinya kalau buah jeruk sudah menguning di pokok. Saat ini sangat susah untuk mencari pembeli. Tidak tahu kenapa. Padahal kualitasnya tidak kalah dengan daerah lain," katanya.


Hal senada disampaikan Anto dan Defri. Disebut, jeruk petani sulit laku bukan karena kualitasnya buruk, tapi karena tidak ada pembelinya. Hal itu terjadi mulai akhir bulan Desember 2021 hingga saat ini.


"Kalau masalah harga berada dikisaran Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu per kilogram di tingkat petani, tapi pembelinya tidak ada. Kita pun bingung. Padahal tahun-tahun sebelumnya tidak begitu," ucap Anto.


Melihat keadaan itu, petani berharap jeruknya segera dibeli pembeli. Pasalnya, buah jeruk itu sudah menguning di pokok. Jika tidak segera dipanen, akan menambah biaya produksi dan bisa merusak tanaman jeruk. (D5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com