Sertifikat Vaksinasi Syarat Berurusan di Disdukcapil Labura


175 view
Sertifikat Vaksinasi Syarat Berurusan di Disdukcapil Labura
Foto : Dok / Hendri Yanto Sitorus
TINJAU : Bupati Labura, Hendri Yanto Sitorus meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Posko Pelayanan Vaksinasi Covid-19, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Labura, Rabu (29/9/2021).
Aekkanopan (harianSIB.com)

Sertifikat vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) merupakan syarat untuk berurusan berkaitan administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).
" Sertifikat telah divaksinasi Covid-19 merupakan persyaratan bagi warga untuk mendapatkan pelayanan adminduk di Kantor Disdukcapil Labura. Surat edaran bupati berkaitan itu, telah dikeluarkan, " ujar Bupati Labura, Hendri Yanto Sitorus, Kamis (30/9/2021).
Hendri menjelaskan, pada surat edaran bupati No: 440/1574/Tapem/2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tanggal 23 September 2021 itu disebutkan, dalam hal pemberian pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan kepada masyarakat/pemohon agar menunjukkan sertifikat vaksinasi (minimal sertifikat dosis pertama).
Bagi masyarakat/pemohon yang belum memiliki sertifikat vaksinasi diminta untuk mengikuti vaksinasi di Puskesmas. Bagi warga belum memiliki sertifikat vaksinasi tetapi sudah berada di Kantor Disdukcapil untuk mengurus adminduk, Pemkab Labura telah mendirikan posko pelayanan vaksinasi Covid-19.
Ditanya, kenapa sampai mengeluarkan surat edaran No: 440/1574/Tapem/2021 itu, Plt Ketua Golkar Labura tersebut menjawab, surat edaran dikeluarkan karena rendahnya tingkat kesadaran warga untuk mengikuti vaksinasi.
Beberapa waktu lalu, sewaktu mendengar intruksi presiden di Medan, Kabupaten Labura peringkat 7 terbawah tingkat kesadaran vaksinasi dan hal itu mendasari membuat surat edaran tersebut.
Hal yang patut disyukuri, setelah 2 hari posko didirikan, 278 warga telah melakukan vaksinasi.(*)

Penulis
: Chairul matondang
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com