Setahun, Kios dan Gedung Dermaga Ajibata Berbiaya Puluhan Milliar Dibiarkan Kosong


252 view
Foto: SIB/Linggom Parhusip
KOSONG: Selama satu tahun kios dan Gedung Dermaga Ajibata Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba dibiarkan kosong hingga tampak tidak terurus, Senin (22/3).
Ajibata (SIB)
Setahun usai finishing, belasan kios dan Gedung Dermaga Ajibata Kabupaten Toba yang dibangun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berbiaya puluhan miliar hingga saat ini dibiarkan kosong hingga tidak terawat.

"15 kios dan gedung Dermaga Ajibata sudah selesai, April 2020 lalu, namun hingga saat ini masih kosong sehingga gedung dan lingkungan sekitar tampak tidak terawat. Dan begitu juga gedung dermaga selalu tertutup rapat untuk pengguna jasa penyeberangan Ajibata-Samosir," ujar pedagang Marga Sirait dan Manurung di Ajibata Senin (22/3).

Sirait mengatakan, selayaknya kios yang baru selesai dibangun sudah bisa diserahterimakan kepada ex pemilik kios sebagai penerima manfaat untuk berdagang kembali dan pemerintah harus mensosialisasikannya sehingga status ex pedagang sebelumnya jelas, apa sistim sewa, pengontrak dan sebagainya.

"Hingga saat ini, kita tidak tahu bagaimana sistim sewa menyewa kios baru tersebut. Kita butuh sosialisasi agar masyarakat ex pemilik kios sebelumnya tidak bertanya-tanya karena sebelum dibangun pemerintah telah berjanji akan mengembalikan lagi kepada pedagang setelah pembangunan rampung," ujar Manurung.

Para pedagang berharap kios yang dibangun di Ajiabata bisa diserah-terimakan kepada ex pemilik kios secepatnya untuk dipergunakan mencari rezeki pada musim libur lebaran 2021," ujar Sirait dan warga lainnya.

Sementara Kepala Satuan Pelabuhan (Koorsatpel) Danau Toba M Tobing melalui selulernya mengakui, kios dan Gedung Pelabuhan Ajibata hingga saat masih kosong dan belum diserah terimakan kepada para ex pedagang menunggu peresmian dari Kementerian Perhubungan.

"Hingga saat ini belum ada petunjuk dari pusat, karena Kementerian Perhubungan yang memutuskannya," ujar Tobing.

Sesuai plang proyek tertulis, jenis kegiatan, lanjutan pembangunan pelabuhan Ajibata Danau Toba Kabupaten Toba Samosir Tahap III selesai, nomor kontrak PL 107/6/1/PPK I/BPTD-II/VII/SP/Ajibata/2019 tanggal 1 Juli 2019, waktu pelaksanaan 180 hari kelender, nilai kontrak Rp 27.140.465.000, kontraktor pelaksana PT Maybrat Lestari dan konsultan supervisi PT Delima Laksana Tata. (D9)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com