Setelah Diberitakan SIB, Pemeliharaan Jalan Sukarame Labura Akhirnya Diperbaiki


319 view
Setelah Diberitakan SIB, Pemeliharaan Jalan Sukarame Labura Akhirnya Diperbaiki
Foto SIB/ Jepri Nainggolan
BERLOBANG : Perbaikan pemeliharaan jalan Sukarame, Kecamatan Kualuhhulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) masih banyak berlobang, Rabu (6/10).
Aekkanopan (SIB)
Setelah diberitakan SIB , pekerjaan pemeliharaan Jalan Sukarame, Kecamatan Kulauhhulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) yang baru dua bulan selesai dikerjakan kembali rusak, akhirnya diperbaiki. Demikian pantauan SIB, Selasa (6/10).

Menurut pengendara roda dua, Kirman (50) dan Yuni (30) yang melintas, perbaikan pemeliharaan jalan dengan secara tambal sulam baru satu minggu selesai dikerjakan . Namun, anehnya pemeliharaan itu hanya dihamparkan saja tanpa mengunakan alat berat stomwals untuk meratakan aspal yang disisip. Hanya menggunakan sekop. Selain itu, masih banyak juga badan jalan yang berlobang tidak diaspal.

"Aneh melihat cara kerja mereka yang menyisip badan jalan yang kupak- kapik itu, entah apapun manfaatnya, sudah jalannya bergelombang, tamba bergelombang lagi. Tanpa memikirkan kualitas yang bagus", guraunya.

Dijelaskan, akibat rendahnya kualitas proyek pemeliharaan jalan di Labura, maka sejak saat ini seluruh proyek harus mendapatkan pengawasan yang ketat, serta selesai dikerjakan nantinya, diwajibkan menjalani uji kelayakan”, ujarnya.

Mereka minta peran Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Hendri Yanto Sitorus mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat, seperti mewajibkan seluruh kepala dinas turun ke lapangan. "Dengan demikian, kalau proyek tidak bermutu, maka kepala dinas/ jawatan tinggal mempertanggung jawabkannya secara hukum", katanya.

Sebelumnya diberitakan SIB, Kualitas pekerjaaan pemeliharaan Jalan Sukarame, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) patut dipertanyakan. Pasalnya baru saja dua bulan selesai dikerjakan, kembali kupak- kapik. Demikian pantauan SIB, Kamis (30/9).

Sementara Gultom (48) warga Gontingsaga yang melintas di jalan tersebut mengharapkan jalan yang telah dihotmix ( tambal sulam) dua kali dalam tiga tahun terakhir, segera kembali diperbaiki dengan sebaik mungkin.

Sementara, data yang dihimpun SIB dari sirup LPSE APBD 2021, Pemkab Labuhanbatu Utara mengangarkan dana pemeliharaan Jalan Aekkotabatu/Hatapang Rp 130 juta, Kampungpajak/Simonis Rp 130 juta, Aekkanopan- Bandarmanis Rp 195 juta dan Sukarame Rp 195 juta.

Kepala Dinas PUPR Labura, Edwin Defrizen melalui Kabid Sarana Jalan dan Jembatan Ali Armaya dikonfirmasi via seluler tidak bisa dihubungi, via WhatsApp terkirim tidak dibalas.

Terpisah, Kadis Kominfo, Sugeng dihubungi via seluler menanyakan kembali, apakah itu pekerjaan pemeliharaan jalan tahun anggran 2021 ya " Nanti akan saya tanyakan kepada Kadis PUPR via seluler dan begitu juga kabidnya", katanya. (E8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com