Setengah Jam Diguyur Hujan, Jalan Besar Panetongah Simalungun Banjir


452 view
Setengah Jam Diguyur Hujan, Jalan Besar Panetongah Simalungun Banjir
foto: harianSIB.com/piktor sinaga
"Banjir langganan": Tampak ruas jalan di lokasi desa Karanganom Kelurahan Panetongah Kecamatan Pane Simalungun, akibat hujan yang turun hanya setengah jam saja, Senin (28/06/2021) sudah banjir.Tampak kendaraan  harus ekstra hati-hati melintasi jalan tersebut.
Medan (harianSIB.com)

Banjir "langganan" di kelurahan Panetongah Kecamatan Pane Simalungun sudah terjadi beberapa tahun lalu, sejak perkebunan teh beralih ke tanaman sawit milik PTPN IV Marjandi sepertinya tidak ada solusi baik dari pihak PTPN IV maupun pemerintah daerah bahkan dari Propinsi Sumut.

Hanya setengah jam hujan turun, seperti terjadi Senin (28/6/2021) langsung disusul banjir di sepanjang Jalan Saribudolok Kelurahan Panetongah Kecamatan Pane Simalungun akibat luapan air yang cukup besar berasal dari lahan kebun sawit tersebut.

Pantuan jurnalis Koran SIB Piktor Sinaga di lokasi sumber air persis ujung kebun sawit, Desa Karanganom luapan air langsung masuk ke badan jalan sehingga kendaraan harus ekstra hati-hati. Diitambah badan jalan berlubang akibat banjir yang telah terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Selain debit air yang cukup besar yang berasal dari perkebunan kelapa sawit milik PTPN IV itu, kesadaran masyarakat juga untuk membersihkan parit di sepanjang jalan sepertinya "kurang peduli".

Beberapa titik lokasi banjir yang diamati, parit tidak dilalui air sehingga badan jalan terendam mengakibatkan aspal terkelupas sedikit demi sedikit.

Tidak ada tanda tanda perbaikan parit, sementara badan jalan sudah dilakukan penimbunan lubang dengan menggunakan batu kali (Padas).

Sementara jalan propinsi yang setiap hari dilalui pejabat Pemkab Simalungun sudah menjadi pemandangan "biasa". (*)

Editor
: Wilfred/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com