Sidang Wilayah PGI Sumut di Kompleks Kantor Pusat HKBP Dibuka


384 view
Sidang Wilayah PGI Sumut di Kompleks Kantor Pusat HKBP Dibuka
Foto: SIB/Posma Simorangkir
PUKUL GONG: Sekretaris Umum (Sekum) PGI Pdt Jacklevyn Frits Manuputty membuka sidang wilayah PGI Sumatera Utara ditandai dengan pemukulan gong, didampingi Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Ketua PGI Wilayah Sumatera Utara Bishop Darwis Manurung S.Th MPsi, Bupati Tapanuli Utara diwakili Asisten III Parsaoran Hutagalung, Gubernur Sumatera Utara diwakili  Naslindo Sirait (Kepala Biro Perekonomian)  dan Ketua Umum Panitia (Sekretaris Jenderal HKBP)  Pdt Dr Victor Tinambunan, di Gedung Raja Pontas Lumbantobing Kompleks Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung, Tapanuli Utara, Jumat (12/11/2021). 

Tarutung (harianSIB.com)

Sekretaris Umum (Sekum) PGI Pdt Jacklevyn Frits Manuputty membuka sidang wilayah PGI Sumatera Utara, di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Kompleks Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung, Tapanuli Utara, Jumat (12/11/2021).


Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekum PGI didampingi Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Ketua PGI Wilayah Sumatera Utara Bishop Darwis Manurung S.Th MPsi, Bupati Tapanuli Utara diwakili Asisten III Parsaoran Hutagalung, Gubernur Sumatera Utara diwakili Naslindo Sirait (Kepala Biro Perekonomian Setdaprov) dan Ketua Umum Panitia (Sekretaris Jenderal HKBP) Pdt Dr Victor Tinambunan.


Ketua PGI Wilayah Sumatera Utara Bishop Darwis Manurung kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Posma Simorangkir, menjelaskan, sidang wilayah tersebut diikuti 36 denominasi gereja sebagai peserta. Masing-masing gereja mengirim tiga orang perwakilan. Sidang dilaksanakan hingga Minggu 14 Nopember 2021, dengan puncak acara pemilihan Ketua PGI Wilayah Sumtera Utara periode 2021-2026.


Sementara itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar mewakili pimpinan gereja-gereja mengharapkan, dengan tema sidang yaitu "Aku adalah yang awal dan akhir (Wahyu 22 ayat 13) dan sub tema "Bersama seluruh warga bangsa, gereja memperkokoh NKRI yang demokratis, adil dan sejahtera bagi semua ciptaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”, seluruh gereja di Sumut berkolaborasi mengahadapi tantangan zaman yang berdampak bagi kehidupan manusia.


“Gereja adalah persekutuan orang percaya kepada Allah Bapa, Anak-Nya Yesus Kristus dan Roh Kudus senantiasa menghadapi tantangan yang beragam di setiap zaman,” ujarnya.


Menurutnya, tantangan yang dihadapi gereja-gereja sekarang ini adalah perkembangan teknologi informasi yang disebabkan oleh revolusi industri 4.0, bahkan civil society 5.0 dan tantangan akibat dampak dari Pandemi Covid-19 yang telah mengubah banyak tatanan kehidupan.


Sekretaris Umum PGI Pdt Jacklevyn Frits Manuputty menyampaikan, isu strategis yang perlu didalami PGI di antaranya perusakan besar-besaran ekologi yang terjadi saat ini. Sehingga diperlukan pendekatan supaya manusia mampu keluar dari hak arogansi dan memberikan hak kepada alam.


Dalam hal penyampaian suara kenabian, ia mengaharapkan supaya tidak hanya menyampaikan suara kenabian, tetapi yang terpenting adalah nyali kenabiannya.


Turut memberikan kata sambutan pada pembukaan tersebut, Bupati Tapanuli Utara diwakili Asisten III Parsaoran Hutagalung, Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Biro Perekonomian. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com