Sikh Sewaks Indonesia SU Mewarisi Kearifan Lokal Sikh Global


167 view
Sikh Sewaks Indonesia SU Mewarisi Kearifan Lokal Sikh Global
Foto: SIB/Oki Lenore
Ketua Umum Sikh Sewaks Indonesia SU, Anil Dhilon Singh.

Medan (SIB)

Ketua Umum Sikh Sewaks Indonesia Sumatera Utara (SU), Anil Dhilon Singh, mengatakan pihaknya sebagai pewaris Sikh berkeinginan menampilkan seni budaya leluhur sebagai bagian dari komunikasi budaya global yang telah mengakar di Indonesia sebagai Tanah Air. “Situasi pandemi membuat kami fokus untuk berbagi. Nanti, jika kondisi endemi sudah kondusif, Sikh Sewaks Indonesia SU berkeinginan menampilkan seni leluhur,” ujarnya di Medan, Rabu (16/3) di tengah hujan deras kala berbagi pada warga yang berteduh di emperan di sejumlah ruas jala di ibu kota SU.


Anil Dhilon Singh menegaskan, pada masa lampau, keluarga besar Singh di Tanah Air rutin menampilkan seni luluhur. Bila ada kegiatan, pasti melibatkan keluarga Singh. Di Medan, ingatnya, pada masanya dahulu, rutin menampilkan seni leluhur seperti tari dan dholi khas Punjabi.


Selain rentak dholi, ada juga bhangra, termasuk musik leluhur yang dikolaborasikan dengan komposisi lain seperti alat musik tradisional di Indonesia. “Bahkan seni khas Sikh dari Punjabi telah menyatu dengan seni etnik di Indonesia. Punjabi memiliki sejumlah warisan tak benda yang diakui UNESCO,” tambahnya didampingi sejumlah tokoh seperti Dharshen Singh sebagai komandoi kegiatan sosial dan Maneswar Singh yang Wakil Ketua Umum, Shindu Pau, Kiky Shindu termasuk Dr Simren Jit Singh yang mantan personel Grup Medan Dholi Boys.


Anil Dhilon Singh mengatakan, dalam kondisi prihatin saat ini pihaknya fokus berbagi.


Dharshen Singh dan Maneswar Singh mengatakan, sesuai arahan Anil Dhilon Singh, Sikh Sewaks Indonesia SU fokus melakukan pengabdian sosial kemasyarakatan. “Sikh Sewaks Indonesia SU suah mengadakan vaksinasi massal dipusatkan di Kompleks Gurdwara Shree Guru Arjun Dev di Jalan Mawar Sarirejo, Kecamatan Medan Polonia, Medan pada Juni dan dihadiri Wali Kota Medan. Kami rutin berbagi dengan warga yang membutuhkan bantuan. Bahkan setiap menjelang hari besar agama, Sikh Sewaks Indonesia SU, merangkul dan berbagi kasih pada warga yang hendak merayakan hari besar agamanya,” tutup Dharshen Singh. (Instagram/R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com