Solar Langka, Nelayan Tidak Melaut


242 view
Solar Langka, Nelayan Tidak Melaut
(Foto Dok/Tris)
DITAMBATKAN : Sulitnya mendapatkan BBM jenis solar mengakibatkan para nelayan tradisional di Kecamatan Tanjungberingin, Sergai tidak dapat melaut dan hanya menambatkan perahunya, Kamis (28/10/2021).
Sergai (harianSIB.com)
Nelayan tradisional di Kecamatan Tanjungberingin, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mengeluh karena sulit mendapatkan BBM jenis solar yang langka hampir satu bulan terakhir.

Sulitnya mendapatkan BBM jenis solar, mengakibatkan banyak nelayan memilih tidak melaut dan hanya menambatkan perahunya di gudang/jambur pemilik perahu.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (DPD KNTI) Sergai, Zulham Hasibuan, Kamis (28/10/2021) mengatakan, pihaknya banyak menerima laporan keluhan nelayan, karena sulitnya mendapatkan solar untuk keperluan melaut.

Dengan langkanya solar yang menurutnya sudah berlangsung hampir satu bulan belakangan ini, membuat para nelayan tradisional sangat terpukul, karena sumber nafkah pencarian mereka (nelayan, red) semata-mata hanya dari hasil tangkapan ikan saat melaut untuk menghidupi keluarga.

Zulham mengaku tak dapat membayangkan bagaimana terpuruknya kondisi ekonomi para nelayan tradisional saat ini akibat kelangkaan solar tersebut.

"Oleh karena itu, DPD KNTI Sergai berharap kepada pemangku kepentingan menjembatani keluhan para nelayan agar para nelayan tradisional bisa melaut secara normal kembali seperti biasa," pungkas Zulham Hasibuan. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com