Stany Latumahina Rilis Lagu, Warga Gelar Makang Patita Peringati HUT M1R - Salam Sarane


234 view
Stany Latumahina Rilis Lagu, Warga Gelar Makang Patita Peringati HUT M1R - Salam Sarane
Foto: Facebook
M1R SS: Satu dari sejumlah kegiatan Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane (SS) Sumatera Utara di Deliserdang.
Ambon (SIB)
Stany Latumahina merilis "Membangun Negeri" sebagai bagian dari lomba cipta lagu dan seni kreatif memeringati hari musik dunia, berkaitan dengan HUT ke-446 Ambon. Di kanal YouTube #MembangunNegeri2021, video dengan vokal Linda J Pattiwaellapia tersebut disaksikan ribuan kali.

Terpisah, memeringati HUT Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane (SS), warga asal provinsi rempah-rempah yang berada di Sumatera Utara dan Aceh mengadakan family gathering bersamaan Makang patita yang diadakan di Deliserdang pada Jumat - Minggu (22 - 24/10).

Makang patita adalah kegiatan guyub, mekan bersama dengan menu khas dari kampung halaman. Biasanya, kegiatan diadakan dalam syukuran besar menjelang atau seusai hari tertentu. Bersamaan dengan itu, ditampilkan seni dari kampung halaman.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) M1R SS Sumatera Utara (SU), Stenly Victor Hahury, mengatakan, kegiatan dimaksudkan mengeratkan persaudaraan keluarga besar warga Maluku khususnya yang berwadah dalam M1R SS. “M1R SS yang ada di ranau adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan NKRI. Kami gandong basudara tanpa terpisah latar belakang, satu gandong. Kegiatan untuk makin mengeratkan persaudaraan,” ujarnya didampingi Sekretaris Rochani Litiloly.

Menurutnya, keterlibatan warga asal Maluku dari luar SU bentuk kebersamaan dan cinta leluhur. “Warga Maluku yang ada di rantau, sudah membaur dengan penduduk di mana ia berada. Semuanya dianggap M1R SS sebagai keluarga besar,” sebutnya.

Stenly Hahury mengatakan, kegiatan utama M1R SS di SU adalah membina dan menjaga ukhuwah persaudaraan dan harus menjadi terdepan dalam rasa. Terlebih karena motto M1R SS bahwa apa yang dirasakan seluruh warga harus juga dirasakan

Rochani Litiloly menambahkan, family gathering adalah bagian memupuk persaudaraan sesama warga Maluku di rantau. “Kegiatan tersebut sudah lama dirancang dan dijadwal ulang mengingat pandemi. Sebelumnya, kegiatan rutin diadakan virtual,” jelasnya.

Memanfaatkan teknologi, lanjutnya, kegiatan organisasi terus dilakukan termasuk rapat pimpinan terbatas yang diadakan Dewan Pimpinan Pusat dipimpin Ketum M1R SS Yopi Patty, Waketum II Welmi Maitimu, Sekjen Maun Sangadji dihadiri Kapitang DPP M1R SS Freddy Batlalona serta Ketua Dewan Pengawas dan Pertimbangan Anggota M1R SS Letkol CPM Purn Michael Sopacua.

Dalam pertemuan family gathering, Stenly Hahury menambahkan, ragam hal dibicarakan termasuk kemungkinan adanya peluang-peluang usaha yang dapat dilakukan warga M1R SS. “Kami juga membawa misi Maluku yang terus membangun. Maluku dan Maluku Utara serta wilayah tersebut terbuka luas bagi pelaku usaha yang ingin berbisnis Timur Indonesia ini,” tambahnya. (Facebook / YouTube /R10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com