Stok Beras Bulog Sumut 8.548,87 Ton


95 view
Stok Beras Bulog Sumut 8.548,87 Ton
Foto : MI.
Beras Bulog.
Medan (SIB)
Ketersediaan pangan Perum Bulog Kantor Wilayah Sumatera Utara tanggal 27 Oktober 2021 untuk stok beras CBP (Cadangan Beras Pemerintah) sebanyak 7.664,83 ton dan beras komersial 788,08 ton di Gudang Bulog, serta 95,96 ton di DC (Distributor Center). Hal itu diungkapkan Kasi Sekretariat Umum dan Humas Perum Bulog Kanwil Sumut Anggi Ardiansyah kepada SIB, Rabu (27/10).

Ia mengatakan, selain stok beras juga minyak goreng hanya ada di DC sebanyak 382 liter. Gula pasir 226,20 ton di Gudang Bulog dan 47,39 ton di DC. Daging kerbau tersedia 2,30 ton di gudang dan 1,46 ton di DC. Daging kerbau 7 ton berada di gudang Bulog dan 7,41 ton di DC.

Disebutnya, harga jual pengambilan beras jenis medium dari gudang Bulog yakni Rp8.600 per Kg. Di pasar pedagang boleh menjual di bawah HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp 9.950 per Kg).

Gelar bazar
Di kesempatan itu Anggi mengatakan, menjelang hari-hari besar keagamaan, harga bahan pokok mengalami kenaikan. Biasanya Bulog selalu bekerjasama dengan Pemko/Pemkab menggelar bazar.

"Permintaan bazar tergantung dari pihak pemerintah setempat. Pemko atau Pemkab hanya mengundang Bulog dan transaksinya langsung antara Bulog dengan pembeli,” ujar Anggi.

"Sampai saat ini belum ada permintaan Pemkab/Pemko ke Bulog. Biasanya ada di bulan Desember ini. Harga jual bahan pangan Bulog lebih murah dari harga pasar. Jadi kami dari Bulog siap menerima permintaan bazar pemerintah,” ujarnya.

Disebutnya, kalau ada kepedulian Pemko/Pemkab terhadap warganya tentu akan bekerjasama dengan Bulog dengan menggelar bazar. "Bulog menyiapkan pangannya. Harganya lebih murah dari harga pasar,” ujarnya. (A1/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com