Stok Kosong, Seribuan Warga di Dairi Tertunda Vaksin


144 view
Stok Kosong, Seribuan Warga di Dairi Tertunda Vaksin
Istimewa
Ilustrasi kantor Dinas Kesehatan Kab. Dairi
Sidikalang (SIB)
Seribuan warga Dairi yang jatuh tempo untuk mengikuti vaksinasi suntikan dosis kedua tertunda, akibat vaksin kosong sejak, Senin (19/7).

Sekretaris Kesehatan Dairi, Frisda Turnip didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Welly Zebua, Kamis (22/7) di ruanganya membenarkan stok vaksin sejak tiga hari terakhir kosong. Akibat kekosongan itu, seribuan warga yang harusnya jatuh tempo untuk mengikuti vaksinasi suntikan kedua ditunda, menunggu alokasi vaksin didapat dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

Untuk vaksinasi suntikan kedua, vaksin yang dibutuhkan 232 vial, di Dinas Kesehatan 53 vial dan TNI/Polri 179 vial. "Ada sekitar 2.320 orang yang tertunda menerima vaksin kedua sejak tiga hari terakhir," katanya.

Memang, Kamis, (22/7) sudah ada alokasi yang diberikan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, tetapi belum ada diberikan berapa jumlah yang dialokasikan untuk Dairi. "Kita selalu mengajukan vaksin dengan jumlah yang banyak, namun realisasi dari provinsi terbatas," kata mereka.

Begitu vaksin tiba, kata mereka, akan langsung dilakukan penyuntikan kepada masyarakat yang sudah jatuh tempo, untuk mengikuti suntikan dosis kedua.

Katanya, toleransi waktu dosis pertama yang sudah jatuh tempo, untuk mengikuti suntikan dosis kedua tidak boleh lewat 7 hari. Misalnya si A, jatuh tempo mengikuti suntikan dosis kedua pada 22 Juli, waktu tenggang hanya 7 hari.

Artinya, kalau sudah lewat tujuh hari, imun tubuh penerima vaksin pertama akan turun. Bila hal itu terjadi, harus kembali mengulang menerima suntikan dosis pertama.

Sasaran vaksinasi sebanyak 236.046 orang yakni terdiri dari tenaga kesehatan (Nakes) 1.134 orang, pelayan publik 16.118 orang, lanjut usia (Lansia) 28.029 orang, masyarakat umum dan rentan 153.039 orang serta remaja 37.726 orang.(B3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com