Sudah Diperiksa BPK, Pendistribusian Bantuan Covid-19 di Asahan Clear


115 view
KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi uang
Kisaran (SIB)
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Asahan telah mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19). Bantuan menggunakan APBD Kabupaten Asahan telah diperiksa BPK dan sudah dinyatakan clear.

"Sudah diperiksa BPK dan dinyatakan clear atau tidak ada temuan," ungkap Kepala Dinsos Asahan melalui Sekretaris, Muksin kepada SIB, Jumat (16/10) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Muksin, bantuan Covid-19 didistribusikan kepada masyarakat dalam bentuk uang disalurkan ke kecamatan-kecamatan. "Bantuan berupa uang Rp 200 ribu/KK, uang 3 bulan atau keseluruhan berjumlah Rp 600 ribu. Total jumlah dana yang disalurkan Rp 37 miliar," ujarnya.

Lanjutnya, bantuan yang disalurkan kepada masyarakat menggunakan dana APBD Asahan tersebut dipastikan tidak ada lagi kelanjutannya. Hal ini disebabkan tidak adanya lagi anggaran, sehingga tidak ada kegiatan pendistribusian bantuan terdampak Covid-19.

"Hanya sekali itu saja penyalurannya, untuk bantuan 3 bulan ke masyarakat," ucapnya.

Ditanya adanya Keterangan Kadis Kominfo Asahan yang menyebutkan dana bansos Rp 63 miliar?. Terkait ini Muksin menjawab tidak mengetahuinya.

"Yang pasti, kami (Dinsos, red) hanya mengelola anggaran Rp 37 miliar. Sisanya, silahkan tanya yang bersangkutan ya," kata Muksin. (A02/a)

Penulis
: Redaksi