BPEK PDIP Sumut Gelar Lomba Durian Unggul

Sumut Sangat Berpotensi Ungguli Durian di Pasar Ekspor, Saingi Durian Luar


131 view
Sumut Sangat Berpotensi Ungguli Durian di Pasar Ekspor, Saingi Durian Luar
(Foto Dok/Sugianto)
Lomba Durian Unggul: BPEK PDI Perjuangan Sumut menggelar lomba durian unggul lokal  se-Tapanuli di Kota Padangsidempuan, Sabtu (28/8) sebagai bentuk  keprihatinan atas  kurangnya organisir buah durian kualitas bagus untuk dipasarkan secara luas di pasar ekspor.
Medan (SIB)
Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) PDI Perjuangan Sumut menggelar lomba durian unggul lokal se-Tapanuli di Kota Padangsidempuan, sebagai bentuk keprihatinan atas kurangnya mengorganisir buah durian kualitas bagus untuk dipasarkan secara luas di pasar ekspor.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti lomba durian unggul tersebut. Bahkan ada dua orang ibu tuna netra ikut mendaftarkan durian unggul miliknya ikut lomba, membuat panitia dan juri tersentuh dan simpati," ujar Kepala BPEK PDI Perjuangan Sumut Sugianto Makmur kepada wartawan, Minggu (29/8) di Medan seusai menggelar perlombaan Durian Unggul Lokal se-Tapanuli, Sabtu (28/8).

Menurut anggota Komisi B DPRD Sumut itu, perlombaan durian unggul ini event yang ditunggu-tunggu para petani durian, guna mendapat pengakuan dari beberapa ahli dan pecinta durian. Masyarakat juga harus sadar, jika pohon durian unggul lebih diekspose lagi dan di kembangbiakkan secara modern akan menjadi sumber ekonomi besar.

BPEK PDI Perjuangan Sumut akan berjuang untuk durian lokal agar mendapat tempat di pasar ekspor dan mematahkan dominasi durian dari Thailand dan Malaysia, seperti Durian Musang King, Anyao, Monthong dan lain-lain.

Sugianto Makmur didampingi Ketua panitia lokal Friska EK Harahap menyebutkan, lomba itu juga untuk membangkitkan kembali gairah bertani masyarakat khususnya generasi muda menanam durian lokal, sebab daerah ini masih banyak lahan tidur yang bisa dimanfaatkan.

"Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan generasi kita ke depan, apalagi Sumut sangat berpotensi menyaingi durian di pasar ekspor, karena memiliki berbagai jenis durian lokal yang unggul bisa menyaingi durian luar," tegas Sugianto Makmur.

Sementara itu, Wakil Ketua F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Rudi Hermanto mengaku sangat bangga melihat antusiasnya petani durian lokal mengikut perlombaan dengan harapan, sudah saatnya buah-buahan dari daerah diperhatikan kualitas dan rasanya, agar nilai jualnya meningkat.

Disebutkan perlombaan yang digelar 28 -29 Agustus 2021 itu, sedikitnya 20 spesies durian yang dinilai. Kemudian pemenang diberikan hadiah di bawah pohon durian, yakni pemenang I menerima hadiah Rp3 juta.

Pemenang II Rp2 juta, pemenang III Rp1,5 juta dan pemenang harapan I, II, III masing masing Rp 1 juta. Untuk hadiah penyemangat diberikan Rp500.000 dan Rp2 juta bagi durian sangat spesial.

Pemenang akan didaftarkan di Kementerian dan BPEK PDI Perjuangan juga akan membantu pupuk durian serta diberi penyuluhan gratis untuk menanam durian dengan baik.(A4/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com