Sungai Batang Toru Meluap, Desa Sibulan Bulan dan Sidua Bahal Terendam Banjir


358 view
Sungai  Batang Toru Meluap, Desa Sibulan Bulan dan Sidua Bahal Terendam Banjir
Foto : Dok /Camat Purba Tua
Terendam Banjir : Kondisi areal persawahan warga di Desa Sidua Bahal yang terendam banjir. 
Tapanuli Utara (harianSIB.com)
Curah hujan yang tinggi mengguyur mengakibatkan Sungai Batang Toru meluap dan berdampak terjadinya banjir di Desa Sidua Bahal dan Desa Sibulan Bulan Kecamatan Purba Tua Kabupaten Tapanuli Utara.

Camat Purba Tua, Maradu Sitompul yang dikonfirmasi SIB lewat telepon selulernya, Minggu (7/5/2023) mengatakan, banjir juga merusak areal persawahan warga, saluran irigasi dan jalan antar desa.

Ia mengatakan, infrastruktur yang rusak belum bisa didata secara pasti. Termasuk luas sawah yang rusak juga belum bisa terdata.

Hal itu dikarenakan jalan-jalan penghubung antar desa masih digenangi air sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi yang juga dikonfirmasi mengatakan, penyebab banjir dikarenakan meluapnya Sungai Bombongan dan Sungai Batang Toru.

"Dampaknya mengakibatkan areal persawahan terendam banjir, saluran irigasi rusak dan banjir juga menutupi badan jalan. Atas peristiwa itu tidak ada korban jiwa, " jelasnya.

Kapolres mengatakan, Kapolsek Pahae Jae beserta personel sudah turun ke lapangan untuk mencek lokasi.

"Untuk jalan umum masih bisa dilalui kendaraan roda dua. Kemudian untuk 4 titik lokasi banjir sama sekali tidak dapat dilalui kendaraan, " terangnya.

Kapolres juga menjelaskan, areal persawahan milik masyarakat yang terendam banjir di Desa Sibulan Bulan sekitar 1 hektar dan di Desa Sidua Bahal sekitar 4 hektar.

Kemudian ada 4 titik drainase di Desa Sibulan Bulan yang rusak akibat dihantam banjir. (F3).


Editor
: Robert/Eva Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com