Sungai Hitam Meluap, Kelurahan Pekan Dolokmasihul dan Desa Aras Panjang Terendam Banjir


135 view
Sungai Hitam Meluap, Kelurahan Pekan Dolokmasihul dan Desa Aras Panjang Terendam Banjir
Foto: SIB/Bonny Sembiring
RENDAM : Beginilah kondisi banjir yang merendam pemukiman warga Kelurahan Pekan Dolokmasihul, Kecamatan Dolokmasihul, Kabupaten Sergai, yang diakibatkan meluapnya aliran Sungai Hitam, Rabu (17/11).
Sergai (SIB)
Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Rabu (17/11) dini hari, membuat aliran Sungai Hitam di Kecamatan Dolokmasihul meluap. Akibatnya, sejumlah tempat umum di Kelurahan Pekan Dolokmasihul dan Desa Aras Panjang terendam banjir.

Informasi diperoleh SIB di lokasi, sekira pukul 09.34 WIB, air tiba-tiba menggenangi Gang Domasco Kelurahan Pekan Dolokmasihul dan akses penghubung menuju Galang, Kabupaten Deliserdang. Kemacetan juga tidak terhindarkan lantaran adanya pengalihan arus lalulintas di Jalan Umum Dolokmasihul.

Salah seorang warga Pekan Dolokmasihul Agustian kepada wartawan mengatakan, selain jalan umum, luapan Sungai Hitam dengan ketinggian air mencapai 40 Cm itu turut merendam komplek pertokoan, perkantoran, rumah warga dan SMA Negeri 1 Dolokmasihul.

"Banjir kali ini merupakan peristiwa terparah dan diharapkan kepada pemerintah agar secepatnya membuat tanggul di sisi aliran Sungai Hitam," ujarnya.

Sementara itu, kondisi serupa juga melanda Desa Aras Panjang, Kecamatan Dolokmasihul. Warga sekitar menyebut, sebelumnya pemerintah sudah membangun saluran parit maupun bronjong, tapi banjir tetap saja terjadi.

"Saya juga tidak mengerti, kenapa banjir ini bisa terjadi," kata warga sekitar bernama Yantini.

Terpisah, Camat Dolokmasihul Gunawan JW Hasibuan ketika dihubungi pukul 18.50 WIB menjelaskan, dari peristiwa bencana alam itu, tercatat ada 1 kelurahan dan 4 desa yang terdampak banjir di Kecamatan Dolokmasihul, yakni Kelurahan Pekan Dolokmasihul, Desa Aras Panjang, Pekan Kamis, Tegalsari serta Desa Bantan.

Kemudian, lanjutnya, berdasarkan data sementara yang diperoleh, dari kelima lokasi tersebut sekitar 710 rumah dan 15 hektare areal persawahan milik warga turut terendam.

"Posko penanganan banjir di setiap titik lokasi sudah kita dirikan. Kemudian, berbagai bantuan logistik bagi warga yang terdampak banjir juga mulai disalurkan oleh Pemkab Sergai," terang Gunawan sembari mengimbau warga agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem yang beberapa hari terakhir kerap terjadi disebagian besar wilayah Serdangbedagai. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com