TPG Belum Cair, Guru Sertifikasi di Labusel “Dipaksa” Ikut Bimtek Berbiaya Rp1,2 Juta


140 view
TPG Belum Cair, Guru Sertifikasi di Labusel “Dipaksa” Ikut Bimtek Berbiaya Rp1,2 Juta
Foto: iStock
Ilustrasi

Kotapinang (SIB)

Sejumlah guru yang sudah memiliki sertifikasi di Kabupaten Labusel mengeluh. Pasalnya, mereka “dipaksa” untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart Teaching berbiaya Rp1,2 juta per orang.

Sementara, sudah lima bulan ini Tunjangan Profesi Guru (TPG) mereka belum juga cair.

Bimtek bertajuk “Peningkatan Profesionalisme Guru Sertifikasi” itu rencananya akan digelar di Convention Hall Hotel Grand Suma Kotapinang, pada 5 Desember 2022. Kegiatan itu dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemkab Labusel bekerja dengan salah satu lembaga.

“Nggak tahu apa pentingnya Bimtek ini. Lagian, jumlah guru sertifikasi itu ratusan, mana mungkin Bimteknya sekaligus. Kami harus bayar Rp1,2 juta, sementara uang sertifikasi kami sudah lima bulan belum cair. Padahal biasanya pencairannya rutin setiap triwulan,” kata salah seorang guru di Kecamatan Sungaikanan yang takut namanya disebut, Rabu (23/11).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Labusel, Riswanto yang dikonfirmasi membenarkan akan digelarnya Bimtek tersebut, pada 5 Desember mendatang. Menurutnya, biaya mengikuti Bimtek tersebut memang Rp1,2 juta per orang.

“Pesertanya hanya guru yang sertifikasi. Bimtek ini penting, agar guru yang sudah sertifikasi lebih unggul dari pada guru lainnya,” katanya.

Disinggung apakah kegiatan itu tidak ditampung dalam APBD, Riswanto mengaku tidak ada anggarannya. Riswanto pun mengaku, dalam waktu dekat ini TPG juga akan cair. (SS18/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com