TPL Sektor Aek Raja Beri Bantuan Benih dan Pupuk kepada Petani Binaan


189 view
TPL Sektor Aek Raja Beri Bantuan Benih dan Pupuk kepada Petani Binaan
(Foto: SIB/Humas TPL)
Serahkan Benih : Community Development (CD) Officer, Jhonny Sitohang didampingi Humas TPL Sektor Aek Raja, Santer Siahaan menyerahkan benih jagung 3 zak, pupuk kompos 3 zak dan obat-obatan untuk tanaman kepada petani binaan, Monang Manalu yang disaksikan Kepala Desa Aek Raja, Ronal Manalu. 

Tapanuli Utara (SIB)

PT Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Raja kembali melakukan kegiatan tanam perdana dalam rangka kerjasama Program Intercrop Eukaliptus dan Tanaman Kehidupan kepada petani binaan di Desa Aek Raja Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara.

Dukungan yang diberikan oleh Community Development (CD) Officer, Jhonny Sitohang didampingi Humas TPL Sektor Aek Raja, Santer Siahaan berupa benih jagung 3 zak, pupuk kompos 3 zak dan obat-obatan untuk tanaman yang diterima langsung oleh petani binaan, Monang Manalu yang disaksikan Kepala Desa Aek Raja, Ronal Manalu.

Program Intercrop TPL adalah program tumpang sari dengan menanam beragam tanaman kehidupan diantara tanaman Eucalyptus yang dilakukan dengan pengaturan jarak tanam dari tanaman eucalyptus dan jarak tanaman kehidupan.

Hal ini guna meningkatkan produktivitas lahan sehingga petani bisa memperoleh tambahan penghasilan.

“TPL hadir berkontribusi memberikan dukungannya dalam bantuan material dan juga pendampingan agar program yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Program ini dilakukan sejalan dengan visi perusahaan, yaitu “Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat,” jelas Jhonny Sitohang, Selasa (30/8).

Monang Manalu juga mengungkapkan, selama ini ia mengira bahwa di sekitar tumbuhnya pohon Eucalyptus, kontur tanah menjadi rusak dan tumbuhan lain tidak bisa tumbuh dengan baik.

Ternyata, setelah mendapat penjelasan dan melihat langsung, ia tertarik untuk mengikuti program intercrop ini.

“Banyak tanaman yang bisa diusahai diantara tanaman Eucalyptus, saya sangat tertarik untuk mengembangkannya, terutama tanaman jagung yang saya lihat sangat bagus dan cocok di wilayah ini," ungkapnya.

Kepala Desa Aek Raja, Ronal Manalu juga mengucapkan, terimakasih banyak kepada pihak TPL yang sudah bermitra dengan masyarakat, khususnya para petani yang merasa terbantu dalam perekonomian dengan kemitraan ini.

"Kami telah menerima dukungan benih, pupuk dan obat-obatan untuk tanaman,” ungkapnya.

Kerjasama ini menjadi langkah yang baik untuk kedepannya dan TPL akan terus memperkuat pola kemitraan dengan masyarakat sekitar wilayah operasionalnya, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat serta dampak positif kehadiran perusahaan. (F4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com