Kadishub Medan di HUT I Trans Metro Deli

Tahun Ini Pemko Dapat Bantuan Rp 1,8 T untuk Pengoperasian 400-an Bus


172 view
Tahun Ini Pemko Dapat Bantuan Rp 1,8 T untuk Pengoperasian 400-an Bus
Foto: Dok. PT Medan Bus Transport
PENGHARGAAN: Dirut PT Medan Bus Transport Jumongkas Hutagaol sedang menyerahkan penghargaan kepada driver terbaik pada acara HUT Trans Metro Deli. 
Medan (SIB)
HUT ke-1 Trans Metro Deli berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, di Kantor PT Medan Bus Transport, Selasa (25/1).

Semua yang hadir menggunakan masker dan di beberapa tempat tersedia tempat mencuci tangan.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore itu diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kemudian ada pemotongan tumpeng, makan bersama, serta pemberian apresiasi kepada driver maupun karyawan lain.

Hadir Kadishub Medan Iswar SSIT MT bersama pejabat lain, Direktur Utama PT Medan Bus Transport Jumongkas Hutagaol selaku pengelola Trans Metro Deli, seluruh driver, staf dan karyawan. Hadir juga perwakilan Satlantas Polrestabes Medan, rekanan penyedia bus dan lainnya.

Dalam sambutannya, Jumongkas Hutagaol mengutarakan, dalam satu tahun beroperasi, masih banyak kekurangan, termasuk dalam pengelolaan. "Tapi kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan atas pencapaian sejauh ini dan kekurangan itu bisa jadi pelajaran untuk ke depan," katanya.

Ia juga mengapresiasi kerjasama dengan Dinas Perhubungan Medan yang selalu cepat tanggap kalau ada kendala di lapangan. Kemudian kepada PT Surveyor Indonesia, Jumongkas Hutagaol juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama selama ini.

JH (sapaan akrab Jumongkas Hutagaol), juga menyampaikan harapan kepada para Kabag di Trans Metro Deli, supaya semakin baik kinerjanya. Misalnya antara Kabag Operasional dan Kabag Mekanik agar tetap menjalin kerjasama, sehingga pengelolaan Trans Metro Deli semakin baik lagi.

Ia sendiri mengaku, walau sudah 40 tahun menggeluti dunia transportasi, namun saat mengelola Trans Metro Deli, awalnya juga merasa kelimpungan. "Namun pada akhirnya semua bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Bebas Narkoba
Sebelumnya, Manajer Trans Metro Deli Pahala Sitorus dalam laporannya menyampaikan, bahwa terkait pelaksanaan HUT Trans Metro Deli yang sebenarnya jatuh tanggal 16 November 2021 lalu, mereka sudah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Antara lain menyampaikan santunan kepada anak yatim piatu Desember 2021 lalu.

Kemudian ada juga tes urine yang hasilnya semua negatif. "Artinya Trans Metro Deli bebas narkoba. Sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman menggunakan transportasi massal," katanya.

Pahala menyampaikan, acara berlangsung hingga sore mengingat driver yang bekerja dua shift. "Lalu ada penilaian terhadap driver dengan tujuan memotivasi agar di hari mendatang pelayanan akan semakin baik. Sehingga PT Medan Bus Transport tetap mendapat kepercayaan untuk mengelola Trans Metro Deli," urainya.

"HUT yang pertama ini juga akan menjadi evaluasi bagi kami. Sehingga pada ulang tahun yang kedua nanti akan ada nilai lebih," tutupnya.

Buy The Service
Sedangkan Kadishub Medan Iswar memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Trans Metro Deli atas semua kegiatan rangkaian acara terkait HUT.

Iswar menjelaskan, kenapa harus BTS (buy the service). "Artinya pemerintah bukan membeli bus. Tapi membeli pelayanan dengan berbagai persyaratan. Kalau tidak bisa memberikan pelayanan sesuai kontrak, maka pemerintah tidak membayar sesuai kontrak," katanya.

"Lalu bagaimana supaya lengkap, maka semua harus bekerja sama. Maka pada HUT ini, apa yang sudah berjalan, agar sama-sama menjadi renungan. Apakah sudah maksimal apa yang diberikan sesuai kontrak," lanjut Iswar.

Kadishub juga mengungkapkan, pada tahun 2022 Pemko Medan dapat bantuan Rp1,8 triliun untuk pengoperasian bus. Akan ada 400-an bus. Kemudian akan ada jalur khusus bus. (Rel/R4A/c)

Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com