Tanaman Jagung di Silimakuta Diserang Hama Ulat


88 view
Tanaman Jagung di Silimakuta Diserang Hama Ulat
Foto: SIB/Mey Hendika Girsang
JAGUNG: Inilah salah tanaman jagung petani di perladangan Nagori Sibangun Mariah Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun yang diserang hama ulat grayak, Minggu (7/8). 

Simalungun (SIB)

Tanaman jagung milik sejumlah petani di Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun diserang hama ulat grayak.


Akibatnya, batang dan daun jagung rusak.


"Tanaman jagung yang diserang hama itu rata-rata berusia 1 sampai 2 bulan. Kalau sudah diserang, tanaman itu terancam gagal panen," kata petani daerah itu, di antaranya Esron Purba dan Rijontua Saragih, Minggu (7/8).


Esron menyebut, serangan hama ulat grayak di wilayah itu sudah berlangsung sekira 2 tahun terakhir. Ulat itu menyerang daun hingga batang, mengakibatkan pertumbuhan jagung tidak sempurna.


"Kalau sudah begitu, produksi tidak optimal. Muaranya, petani rugi," ujarnya sembari menyebut, untuk membasmi hama itu terpaksa dilakukan penyemprotan insektisida, sehingga menambah biaya produksi.


Demikian juga dikatakan Risjontua. Disebut, hama ulat grayak sangat meresahkan petani jagung. Sebab, dulunya tanaman jagung di daerah ini, tidak pernah disemprot insektisida. Saat ini, harus disemprot, kalau tidak gagal panen bisa terjadi.


"Serangan haman itu terjadi sekitar 5 tahun terakhir. Jadi, kalau menanam jagung di sini terpaksa dilakukan penyemprotan insektisida saat usia tanaman mencapai dua Minggu hingga 3 bulan agar tidak diserang hama ulat," katanya. (D5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com