Tanaman Jagung di Silimakuta Tumbang Diterjang Angin Kencang


169 view
Foto Dok/Humas Polres Simalungun
TUMBANG : Inilah salah satu tanaman jagung milik petani di Nagori Sibangun Mariah Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun yang tumbang akibat terpaan angin kencang. Foto dipetik, Selasa (6/4).
Simalungun (SIB)
Tanaman jagung di Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun banyak tumbang diterjang angin kencang. Tanaman jagung yang tumbang itu tidak efektif lagi untuk produksi.

"Tanaman itu diterjang angin kencang baru-baru ini. Banyak tanaman jagung di Silimakuta yang panjang batangnya mencapai 1 meter lebih tumbang diterpa angin kencang," kata petani daerah itu Ludin Purba, Selasa (6/4).

Dia menyampaikan, tanaman jagung yang tumbang tidak efektif lagi untuk berproduksi. Pasalnya, selain batangnya banyak yang patah, pertumbuhannya pun tidak normal.

"Bukan karena itu saja, kalau pertumbuhan jagung tidak tegak lurus, buahnya pun tidak baik dan serangan hama tikus pun meningkat. Itulah dampak utama terhadap tanaman jagung jika tumbang dihantam angin," katanya.

Hal serupa dikatakan petani lain, di antaranya Perdi Haloho dan Amran Girsang. Disebut, tanaman jagung yang tumbang akibat terpaan angin kencang rata-rata berumur 3-4 bulan.

"Angin kencang memang melanda areal pertanian Silimakuta baru-baru ini. Ada sekitar 3 hari berturut-turut angin kencang menerpa wilayah itu membuat tanaman jagung petani banyak yang tumbang," kata Perdi sembari berharap kejadian itu tidak terulang lagi agar petani tidak mengalami kerugian. (D5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com