Tanggul Drainase AMD di Marelan Jebol, Ratusan Rumah Warga Kebanjiran


110 view
Tanggul Drainase AMD di Marelan Jebol, Ratusan Rumah Warga Kebanjiran
Foto: SIB/Pally S
JEBOL: Tanggul drainase AMD yang merupakan salah satu saluran air utama di Kecamatan Medan Marelan jebol, mengakibatkan ratusan rumah warga kebanjiran, Sabtu (14/8).
Belawan (SIB)
Tanggul parit AMD, salah satu parit utama di perbatasan Kelurahan Rengas Pulau dan Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, jebol dihantam derasnya air yang mengalir dari hulu, setelah kawasan Kota Medan sekitarnya diguyur hujan, Kamis (12/8) dan Jumat malam (13/8).

Pantauan wartawan, Sabtu (14/8) di sekitar lokasi kejadian, akibat jebol atau rusaknya tanggul tersebut, air parit AMD yang naik hingga ke bibir tanggul karena curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, mengalir sangat deras ke areal persawahan.

Selain itu, melalui tanggul yang jebol tersebut air dari parit AMD juga merendam bahu dan badan Jalan Kapten Rahmad Buddin, serta diperkirakan ratusan rumah warga di kawasan Kelurahan Paya Pasir, Kelurahan Rengas Pulau dan Kelurahan Terjun.

Sejumlah warga tampak berupaya membendung derasnya arus air yang mengalir menggunakan goni plastik berisi pasir. Namun upaya tersebut tidak berhasil karena banyak rumah warga tetap dimasuki air.

"Kemarin kabarnya sudah jebol bang, tapi hari ini semakin melebar. Lokasinya bisa dilihat dari titi parit di Pasar 4, sudah semakin lebar jebolnya, makanya banyak rumah warga kebanjiran," ujar salah seorang warga mengaku bernama Eko kepada wartawan.

Hingga Sabtu sore Jalan Kapten Rahmad Buddin dan banyak rumah warga yang masih banjir. Hal yang sama juga terjadi pada sejumlah lokasi di Kelurahan Besar, Kelurahan Tangkahan dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan. (A9/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com