Tanggulangi Sampah, Kota Binjai Resmikan Bank Sampah di Tepian Sungai


175 view
Tanggulangi Sampah, Kota Binjai Resmikan Bank Sampah di Tepian Sungai
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua I Bidang Pembentukan Karakter Keluarga TP. PKK Kota Binjai Winda Widya Rizky Yunanda Sitepu saat meresmikan bank sampah tepian sungai di Kelurahan Limau Mungkur.

Binjai (SIB)

Ketua I Bidang Pembentukan Karakter Keluarga TP PKK Kota Binjai Winda Widya Rizky Yunanda Sitepu resmikan Bank Sampah tepian sungai di Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Selasa (13/9).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Lingkungan Hidup Kota Binjai Amas Mansur Siregar, perwakilan Dinas Kesehatan Binjai Astari Miranda Sitepu SKM, Camat Binjai Barat Dailami, Ketua Pokja IV TP PKK Kota Binjai Ade Irma Irwansyah Nasution beserta jajaran, Ketua TP PKK Kecamatan Binjai Barat Rosiana, Lurah Limau Mungkur Bopriadi, Ketua TP PKK Kelurahan Limau Mungkur Anita Julianti, para kepala lingkungan di Kelurahan Limau Mungkur, Komunitas Berang-Berang Sungai Bingai, serta para warga Kelurahan Limau Mungkur.


“Salah satu cara kreatif untuk mengolah sampah adalah dengan bank sampah yang menggunakan konsep pengumpulan sampah kering rumah tangga, seperti plastik, kertas, kaleng dan lain-lain serta menerapkan sistem konversi dari sampah menjadi uang sebagai upaya meningkatkan partisipasi warga dalam memilah serta mendaur ulang sampah,” ucap Ketua I Bidang Pembentukan Karakter Keluarga TP PKK Kota Binjai.


Winda menyebutkan, PKK sebagai mitra pemerintah memiliki potensi jaringan berjenjang.


Potensi tersebut, membuat peran PKK dalam menginformasikanprogram bank sampah serta mengajak masyarakat khususnya ibu-ibu untuk mengurangi, memilah dan olah sampah rumah tangga menjadi penting.


“Untuk itu, saya berharap kepada kader PKK yang hadir agar dapat mengikuti pelatihan pengelolaan bank sampah yang dilaksanakanhari ini dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmunya dapat langsung kita terapkan dan dapat kita sampaikan kembali kepada keluarga maupun jiran tetangga kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, Winda yang juga istri Wakil Wali Kota Binjai ini juga mengapresiasi TP PKK Kelurahan Limau Mungkur yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan ini, dan DLH Kota Binjai yang telah mendukung dan membantu program PKK khususnya di Kelurahan Limau Mungkur selaku kelurahan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat (LBS) tingkat Kota Binjai tahun 2022.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com