Makna Kemerdekaan di Kantor Imigrasi Sibolga

Tanpa Pungli, Tanpa Diskriminasi dan Memenuhi Rasa Keadilan


201 view
Tanpa Pungli, Tanpa Diskriminasi dan Memenuhi Rasa Keadilan
Ist/harianSIB.com
Ilustrasi pungli.

Sibolga (SIB)

Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang mengatakan kemerdekaan itu memberikan pelayanan prima dengan beragam inovasi.

Menurutnya, memberikan pelayanan prima yakni yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat seperti tanpa Pungli, tanpa diskriminasi dan memenuhi rasa keadilan.

"Makna kemerdekaan itu sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat yakni masyarakat puas hingga memberikan penilaian sangat baik atas pelayanan yang diberikan petugas Imigrasi Sibolga," katanya dalam rilis perihal makna dan implementasi HUT Ke 77 RI, Rabu (17/8).

Kantor Imigrasi Sibolga, kata Saroha telah menerapkan pelayanan ramah HAM dengan menyediakan layanan prioritas khusus untuk pemohon lanjut usia, anak dibawah umur, ibu hamil dan penyandang disabilitas.

"Tersedia juga sarana prasarana khusus untuk penyandang disabilitas seperti kamar mandi khusus, kursi roda, jalur disabilitas dan konter pelayanan khusus disabilitas yang semuanya menjadi bagian implementasi kemerdekaan di Kantor Imigrasi Sibolga," katanya.

Saroha menambahkan bahwa di tengah keterbatasan yang ada, jajaran Imigrasi Sibolga tetap memasang target dan rencana ke depan dengan sejumlah inovasi yang akan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Imigrasi Sibolga telah membuat inovasi unggulan seperti Horas (Hampiri Orang Sakit), Baper (BAP Paspor Sehari) dan Mesra (Melayani Saat Istirahat)," katanya seraya menambahkan bahwa inovasi lain juga telah dilaksanakan diantaranya layanan eazy paspor yaitu pelayanan paspor jemput bola, Imigrasi masuk desa dan membuka Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Kota Gunung Sitoli dan Kabupaten Mandailing Natal.

Dengan cakupan wilayah kerja 12 kabupaten/kota Se-Sumut, Imigrasi Sibolga mengharapkan inovasi yang telah dilakukan dapat menjangkau kebutuhan masyarakat khususnya dalam hal pelayanan paspor yang sekaligus sebagai bentuk nyata negara hadir di tengah masyarakat.

Tahun 2022 Imigrasi Sibolga merupakan salah satu satuan kerja yang ikut diusulkan untuk menerima predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan seluruh jajaran berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saat pelayanan prima itu terlaksana dengan baik dan saat petugas melayani dengan baik disitulah terasa makna merdeka yang sesungguhnya bagi kami," katanya. (Rel/F2/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com