Target Pemasukan Pemkab Simalungun dari KEK Sei Mangkei Rp 15 M


227 view
Target Pemasukan Pemkab Simalungun dari KEK Sei Mangkei Rp 15 M
Foto Dok
Ikuten Ginting
Simalungun (harianSIB.com)

Pemasukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei selama tahun 2020 sebesar Rp 12 miliar. Pada tahun 2021 ini, ditargetkan mencapai Rp 15 miliar.

"Target Rp 15 miliar. KEK Sei Mangkei akan menjadi kota besar. Peningkatan kapasitas penduduk bakal meningkat drastis," kata Kepala Administrator KEK Sei Mangkei Pemkab Simalungun, Ikuten Ginting, di Pamatangraya, Senin (30/8/2021).

KEK Sei Mangkei yang terletak di Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, memiliki luas 1993,8 hektare dan diresmikan, 27 Januari 2015.

Administrator KEK Sei Mangkei sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Simalungun, provinsi dan pusat dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tentang administrasi khusus di kawasan KEK Sei Mangkei.

Menurut Ikuten, target pendapatan Pemkab Simalungun tersebut seiring dengan pertambahan jumlah investor yang masuk. Pemasukan Rp 12 miliar tahun 2020 berasal dari sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah (BPHT) dan Izin Mendirikan Bangunan. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com