Tebang Pohon Kelapa Milik Orangtua, Rustam Ditetapkan sebagai Tersangka


393 view
Tebang Pohon Kelapa Milik Orangtua, Rustam Ditetapkan sebagai Tersangka
(Foto: harianSIB.com/Mangihut Simamora)
TUNJUKKAN: Rustam Lubis menunjukkan pohon kelapa milik orang tuanya yang ditebangnya, Jumat (29/10/2021).
Kisaran (harianSIB.com)
Menebang pohon kelapa yang ditanam di lahan orangtuanya sendiri, Rustam Lubis (52) warga Desa Bangun Sari, Kecamatan Silau Lau, Kabupaten Asahan, ditetapkan sebagai tersangka oleh Polsek Air Joman Polres Asahan.

Rustam Lubis kepada harianSIB.com, Kamis (29/10/2021), menjelaskan, permasalahan tersebut bermula ketika 3 bulan lalu menebang pohon kelapa di lahan orangtuanya di Dusun VIII Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan.

Sebanyak 13 batang pohon kelapa ditebang dan sebulan kemudian dirinya dilaporkan ke Polsek Air Joman oleh 3 orang yakni, Nazaruddin, Salmah dan Rusmala yang merupakan sepupunya.

“Pohon kelapa diklaim milik mereka, padahal pohon kelapa tersebut ditanam orangtua saya bernama Abdullah Lubis sekitar tahun 1945 dan telah meninggal tahun 1983,” ujarnya.

Rustam mengaku heran laporan ditindaklanjuti dan kemudian dirinya ditetapkan sebagai tersangka. Hal ini karena meski tidak memiliki surat tanah orangtuanya, Nazaruddin selaku pelapor telah membuat surat pernyataan bahwa tanah yang menjadi lokasi pohon kelapa adalah milik ayahnya (Abdullah Lubis).

Surat pernyataan dibuat tanggal 31 Mei 2020 dan ditandatangani bermaterai oleh Nazaruddin. “Kasus saya ini sekarang sudah dilimpahkan ke Kejari Asahan,” ucapnya.

Kapolsek Air Joman AKP S Hutagalung ketika dikonfirmasi harianSIB.com, Jumat (29/10/2021), melalui telepon seluler membenarkan penetapan tersangka Rustam Lubis. Ditanya pohon kelapa yang ditebang Rustam adalah milik orangtuanya, Hutagalung menjawab pengakuan tersangka bisa-bisa saja.

Ditanya lebih lanjut, Hutagalung mengatakan,“Tanya saja ke jaksa, karena sudah kami limpahkan ke sana."

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Asahan Josron Malau yang ditemui harianSIB.com membenarkan kasus Rustam Lubis sudah dilimpahkan Polsek Air Joman. Dikatakannya, kasus tersebut belum P21 atau masih P19, sebab berkas belum lengkap.

“Berkas dikembalikan ke penyidik Polsek Air Joman untuk dilengkapi,” katanya. (*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com