Jelang ISFBE 2021 di Danau Toba, Panlok Gelar Pemilihan Duta Rempah

Teh Andaliman dan Kue Serba Ubi Jadi Menu Rakornis DRI Sumut-DRI Pusat


262 view
Teh Andaliman dan Kue Serba Ubi Jadi Menu Rakornis DRI Sumut-DRI Pusat
Foto Doc. DRI-Kadinsu
DRI SUMUT-PUSAT. Pengurus Dewan Rempah Idonesia (DRI) Pusat dan DRI Sumut berfoto bareng dengan peserta rapat kordinasi teknis (Rakornis) di aula Disbun Sumut, Jumat (22/10). Tampak antara lain Ir Sudirman dari DRI Pusat, Kadisbun Sumut Ir Lies Handayani, Ketua Kadinsu Khairul Mahalli, Ketua Panitia CHJ Gultom, (depan ke 5-8 kiri kanan), Ketua UMKM Sumut Anna Ujina Sianturi, Toni Silvaraj, Idham CH Dalimunthe, Intan Damanik, dan lainnya. Foto dipetik pada dua sesi, yaitu sesi tanpa masker dan sesi pakai masker.
Medan (SIB)
Jelang bursa rempah Indonesia dalam expo rempah dunia (Indonesian Spices Bussiness Forum and Expo--ISBFE) World 2021 di Parapat Kabupaten Simalungun pada 10-13 Desember mendatang, panitia lokal (Panlok) akan menggelar pemilihan duta rempah Nusantara (The Indonesian Spices Ambassador) skala nasional.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sumatera Utara (KADINSU) Khairul Mahalli selaku Wakil Ketua Dewan Rempah Indonesia (DRI) Provinsi Sumut, menyatakan pemilihan duta rempah Nusantara merupakan perubahan atas pengembangan wacana serta atensi publik, yang semula merencanakan pemilihan Putra-Putri Rempah Indonesia.

"Memang sudah ada tiga agenda tetap pada penyelenggaraan bursa bisnis dan pameran rempah atau ISBFE 2021 di Parapat-Danau Toba nanti, yaitu seminar nasional tentang produk dan prospek rempah tradisional yang berkualitas nasional bahkan internasional, forum kontak bisnis dan klinik ekspor rempah nasional asal Sumut dan pemilihan duta rempah Nusantara. Tapi bisa saja agenda dan materinya berkembang sesuai kebutuhan dan urgensinya nanti," katanya kepada pers di Medan, Jumat (22/10).

Dia mengutarakan hal itu di aula Disbun Sumut Jalan AH Nasution Medan, dalam temu diskusi dan rapat kordinasi teknis (Rakornis) antara DRI Sumut dengan instansi terkait yang dihadiri pengurus inti DRI Pusat, yaitu Ir Sudirman mantan Dirjenbun Kementan RI yang pernah jadi Kadisbun Sumut 1982-1985 di era Gubernur Sumut EWP Tambunan.

Rakornis yang dipandu Khairul Mahalli itu dihadiri Kepala Disbun Provinsi Sumut Ir Lies Handayani MA, Caretaker Ketua Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) Sumut Idham CH Dalimunthe, Wakil Ketua Kadinsu bidang ekspor Toni Silvaraj, Ketua Panitia Lokal ISBFE Clement HJ Gultom dan Sekeretaris Ir Ruth Kristina Tarigan, Ketua Asosiasi UMKM Sumut Anna Ujina Sianturi, praktisi bisnis kuliner Batak 'Andalimen Tea' Intan Damanik, dan peserta dari kalangan pakar rempah dan hortikultura.

Peserta acara tersebut disuguhi menu khas berupa makanan tradisionil serba ubi rebus (tiga macam: ubi rambat kuning, ubi kayu dan ubi jalar biasa) dengan dampingan minuman wedang jahe (bandrek tanpa susu) dan teh tawar bubuk Andaliman (Andaliman Tea) dari rempah asli Batak Toba. Menu khas produk UKM tradisional ini disajikan khusus oleh Intan Damanik yang juga salah satu peserta rapat dan anggota panitia lokal.

Sejumlah hal yang berkembang dan timbul dalam Rakornis jelang ISBFE 2021 itu antara lain, pelaksanaan aturan Prokes Covid dengan tim Satgas Covid Sumut bila situasi pandemi masih berlangsung pada Hari-H ISBFE, perlu tidaknya izin acara dari instansi terkait di Sumut karena sifatnya nasional dan berskala internasional. Penjajakan lanjut rencana menghadirkan Presiden Jokowi yang dirangkai dengan momen pelepasan ekspor rempah produk UKM Sumut, dan penetapan kriteria peserta pemilihan Duta Rempah Nusantara (DRN) yang harus meliputi pengetahuan atau kepedulian tentang produk dan prospek rempah nasional, tidak hanya harus berwajah cantik seperti tradisi pemilihan putri wisata atau duta narkoba dan sebagainya.

Hanya saja, di antara lima produk rempah yang disebutkan Kadisbun Sumut sebagai item produk sampel (utama) sebagai ikon rempah ISBFE 2021, masih ada Andaliman selain jahe, lada, kemenyan dan kulit manis. Sehingga, ketua panitia CHJ Gultom seusai acara secara khusus kepada peserta dan Toni Silvaraj, menunjukkan foto bentuk tanaman Andaliman sebelum dipetik-olah menjadi bubuk atau bumbu.

"Atas petunjuk dari tim DRI Pusat, baik soal seminar dan agenda ekspo rempah dan produk perkebunan lainnya, rakornis akan dilanjut khusus oleh Panlok pada Selasa 26 Oktober ini yang dipimpin langsung Ketua Umum DRI Sumut Nawal Lubis. Agendanya termasuk soal auidens yang akan jadi peserta seminar," ujar Khairul optimis. (A5/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com