Tekan Inflasi, Pemko Tebingtinggi Galakkan Tanam Cabe dan Bawang Merah

* Dimiyathi : Masyarakat Wajib Tanam Minimal 5 Batang Cabe dan Bawang

227 view
Tekan Inflasi, Pemko Tebingtinggi Galakkan Tanam Cabe dan Bawang Merah
Foto: Dok/HarianSIB.com
TANAM : Pj Wali Kota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi (tengah) didampingi Ketua TPPKK Tebingtinggi Ny Harliaminda Dimiyathi dan Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi bersama unsur Forkopimda saat menanam cabe dan bawang merah di Kelurahan Pinang Mancung, Kecamatan Bajenis, Senin (3/10). 

"BI akan mendorong inisiatif tersebut untuk menjaga inflasi di Tebingtinggi," kata Doddy Zulverdi

Urban farming harus terus digalakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, walaupun memiliki keterbatasan lahan.

"Urban farming bagian menjaga inflasi karena adanya produksi pangan. Ini harus ditingkatkan oleh Pemko Tebingtinggi," ungkapnya.

Ditambahkan, dalam menjaga inflasi ada tiga hal yang harus diperhatikan yakni meningkatkan produksi, distribusi dan pola konsumsi.

"Tiga hal tersebut mempengaruhi inflasi. Warga cenderung panik jika terjadi kenaikan pangan, padahal hal tersebut bisa disiasati," katanya.

Di tempat terpisah, usai melakukan penanaman cabai merah dan bawang merah, Pj Wali Kota Tebingtinggi juga meresmikan bangsal pasca panen dan pengelolaan komoditas hortikultura di kelompok tani Intan, Pasar Tengah, Kelurahan Padang Merbau, Kecamatan Padang Hulu.

"Kita ketahui pengelolaan komoditas atau kripik pisang kepok goreng sudah baik dan diekspor hingga ke Malaysia. Pencapaian ini harus dibarengi dengan ketersediaan bahan pokoknya," ungkapnya.

Dimiyathi meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memperhatikan ketersediaan bahan pokok. Jika perlu di setiap kelurahan ada penanaman pohon pisang kepok keling.

"Hasil pisang kepok keling sudah diproduksi sejak 2018 dan sudah mendapatkan sertifikat varietas dari Kementerian Pertanian. Kita sudah punya label Pisang Keling Tebingtinggi, jadi harus dimajukan," harapnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com