Tekan Inflasi, Pj Bupati Aceh Tenggara Canangkan Gerakan Menanam Cabai


255 view
Tekan Inflasi, Pj Bupati Aceh Tenggara Canangkan Gerakan Menanam Cabai
Foto SIB/ Armentoni Munthe
MENYERAHKAN BANTUAN: Pj Bupati Aceh Tenggara Drs. Syakir MSi didampingi Unsur Forkopimda, saat menyerahkan bantuan benih cabai merah kepada kelompok tani di Desa Lawe Ger-ger Kecamatan Ketambe, Kamis (16/11). 

Kutacane (SIB)

Untuk menekan inflasi tahun 2023, Pj Bupati Drs Syakir MSi mencanangkan gerakan menanam komoditi cabai merah di Kabupaten Aceh Tenggara.

Upaya tersebut ditandai dengan pemberian benih cabai merah kepada masyarakat petani, di Lapangan Bola Jongar Raya Desa Lawe Ger-ger Kecamatan Ketambe, Kamis (16/11).

Syakir dalam arahannya mengatakan, untuk menekan inflasi di tahun 2023 ini, Pemkab Aceh Tenggara melakukan upaya gerakan menanam cabai serentak, karena tanaman cabai merah itu sangat bagus dan sangat baik, untuk dikembangkan ke depan masyarakat sendiri bisa mandiri dan berproduksi.

Dikatakan, pemberian bantuan dilakukan sebagai salah satu langkah Pemkab yang diprogramkan melalui Dinas Pertanian.

"Upaya ini dilakukan untuk mengendalikan harga dan inflasi serta peningkatan perekonomian masyarakat," sebut Syakir.

Para petani diberi bantuan berupa benih cabai merah dan Saprodi untuk lahan seluas 13 Ha, yang tersebar di 5 kecamatan, yaitu Lawe Sumur, Bambel, Ketambe, Tanoh Alas dan Lawe Alas untuk 7 kelompok tani di Kabupaten Aceh Tenggara.

Untuk itu, Syakir berharap agar bantuan yang sudah diberikan dapat diberdayagunakan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan kelompok tani, dan menambah pendapatan bagi petani, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan penekanan inflasi dapat tercapai di Kabupaten Aceh Tenggara.

Kegiatan tersebut, dihadiri Dandim 0108 Lekol Inf M Sujoko, Kapolres Agara AKBP R Doni Sumarsono SIK MH, perwakilan Kajari, anggota DPRK Dapil 5 Samsuariadi, Plt Sekda Yusrizal ST, Ketua MAA Thalib Akbar, Camat Ketambe Miftahul Khairi, penyuluh dan para ketua kelompok tani (**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com