Teken MoU, UMI Perpanjang Kerja Sama dengan Pemkab Toba


458 view
Teken MoU, UMI Perpanjang Kerja Sama dengan Pemkab Toba
(Foto: harianSIB.com/Wilfred Manullang)
KERJA SAMA: Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea MKom (3kiri) dan Bupati Toba Ir Poltak Sitorus (4kiri) disaksikan Wabup Tonny M Simanjuntak SE, Sekdakab Drs Audi Murphy Sitorus SH MSi, Kepala BPKAD Ganyang Situmorang, memperlihatkan dokumen kerja sama antara UMI dan Pemkab Toba di Aula Fak Kedokteran Kampus II UMI, Kamis (4/11/2021). 

Medan (SIB)

Universitas Methodist Indonesia (UMI) memperpanjang Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Pemkab Toba dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Toba. MoU tersebut ditandatangani Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea MKom dan Bupati Toba Ir Poltak Sitorus di Aula Fakultas Kedokteran Kampus II UMI, Kamis (4/11).


Dengan penandatanganan MoU ini, Pemkab Toba berharap terjalin suatu kolaborasi yang baik, sehingga potensi pertanian dan peternakan, serta SDM di Kabupaten Toba bisa dikembangkan lebih optimal.


Penandatanganan dihadiri Pimpinan GMI Wilayah I Bishop Kristi Wilson Sinurat STh MPd, Ketua YPGMI Pdt Binran Sipayung, para wakil rektor dan dekan. Sedangkan rombongan bupati Toba ikut Wabup Tonny M Simanjuntak SE, Sekdakab Drs. Audi Murphy Sitorus SH MSi, Kepala BPKAD Ganyang Situmorang dan Kabang Pemerintahan Lasha Simanullang SSTP MSi.


Bishop Kristi Wilson Sinurat mengapresiasi diperpanjangnya kerja sama antara UMI dan Pemkab Toba. Bishop berharap dengan adanya kerja sama ini ilmu yang dipelajari di Perguruan Tinggi bisa diaplikasikan di seluruh bidang. "Melalui kerja sama ini ada peran lembaga pendidikan GMI untuk turut mencerdaskan anak bangsa khususnya di Toba," ujarnya.


Sementara Rektor UMI Drs Humuntal Rumapea mengatakan UMI konsisten menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya kembali menjalin kerja sama dengan Pemkab Toba. Karena itu dia meminta seluruh civitas akademi UMI segera mengimplementasikan kerja sama ini.


Bupati Toba Ir Poltak Sitorus seperti dilansir dari harianSIB.com, mengatakan kerja sama tersebut memiliki prinsip saling menguntungkan, bertujuan meningkatkan SDM dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Toba.


"Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia," ujarnya seraya menjelaskan Kabupaten Toba saat ini tertinggal dalam banyak hal. Kerja sama dengan pihak lain adalah langkah yang tepat untuk melakukan perubahan di Toba.


Poltak Sitorus menjelaskan Pemkab Toba membuka peluang bekerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya memperpanjang kerja sama dengan UMI yang diteken pada 25 November 2017 lalu.


Dalam MoU ini kedua belah pihak bersepakat untuk melakukan sinergi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi), dalam rangka mensupport pembangunan di Kabupaten Toba. "Saya berharap melalui kerja sama ini terciptanya SDM yang unggul sesuai visi Toba yakni Toba unggul bersih dan bersinar," jelasnya seraya meminta UMI melakukan aksi sosial. (SS4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com