Tempat Hiburan di Asahan Wajib Tutup Pukul 22.00 WIB Malam


89 view
Foto Dok
Kepala Dinas Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar
Kisaran (SIB)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan mengeluarkan Perbup Nomor 30 Tahun 2020 atas perubahan Perbup 25 Tahun 2020 mengatur tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dalam peraturan tersebut tertulis, bahwa pusat perbelanjaan seperti mall di Pemkab Asahan wajib mengubah jam operasinya menjadi pukul 21.00 WIB. Namun, untuk tempat hiburan lainnya diwajibkan tutup pada pukul 22.00 WIB.

Hal itu disampaikan Kadis Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar kepada wartawan via seluler, Jumat (19/2). Dikatakan, bahwa peraturan ini juga berlaku untuk rumah makan ataupun restoran. Hanya saja penerapannya yang berbeda.

"Kalau tempat hiburan pukul 22.00 WIB diwajibkan tutup. Namun rumah makan tidak. Hanya saja mengurangi 50 persen saja pengunjung yang masuk. Contohnya, kursi yang biasanya empat dijadikan dua," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa penerapan peraturan baru ini dimulai sejak Jumat 19 Februari 2021 hingga waktu yang belum ditentukan.

"Jadi, kalau ada yang membandel akan dikenakan sanksi administrasi hingga berupa denda sebesar Rp 300 ribu. Hal ini dilakukan dikarenakan Pemkab Asahan sudah mencapai zona orange di masa Pandemi Covid-19. Saat ini jumlah yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 579 orang. Dan yang masih dirawat berjumlah 62 orang, sembuh 486 orang, dan meninggal dunia 31 orang. Oleh karena itu kami mempertimbangkan. Sebab sudah banyak masyarakat di Asahan yang terkonfirmasi Covid-19 untuk satu tahun belakangan," ujarnya.

Ia juga berharap, bahwa masyarakat Asahan dapat memahami kondisi yang saat ini sedang dialami. Sebab menurutnya dengan pembatasan ini, dapat menjadi pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar merubah pola hidup yang semula suka duduk di cafe ataupun warung, agar membeli makan atau minum dibungkus saja dan dinikmati bersama keluarga di rumah. Karena itu semua untuk kebaikan kita bersama," pungkasnya. (A04/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com