Temui Presiden, Bupati Nias Utara Usulkan ke Jokowi Percepat Pembangunan di Kepulauan Nias


659 view
Temui Presiden, Bupati Nias Utara Usulkan ke Jokowi Percepat Pembangunan di Kepulauan Nias
Foto:SIB/Dok
FOTO BERSAMA : Bupati Nias Utara (Nisut), Amizaro Waruwu foto bersama dengan Presiden Jokowi usai menyampaikan usulan pembangunan di Kepulauan Nias. Rabu (6/10/2021)
Nias Utara (harianSIB.com)

Bupati Nias Utara (Nisut ) Amizaro Waruwu bersama Kepala daerah (Kada) se-Kepulauan Nias, menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (5/10/2021) lalu.

Pertemuan tersebut sebagaimana dilaporkan,Amizaro Waruwu bersama Bupati Nias Selatan (Nisel), Hilarius Duha, Bupati Nias Barat (Nisbar), Khenoki Waruwu, Bupati Nias, Yaatulo Gulo dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa'a Laoli, menyampaikan paparan tentang kondisi daerah Kepulauan Nias saat ini, serta titik-titik prioritas pembangunan yang perlu dibangun, sehingga daerah itu bisa keluar dari ketertinggalan.

Bupati Amizaro kepada wartawan termasuk Junalis koran SIB, Fabooni Zaita, Rabu (6/10/2021) mengatakan, selain melaporkan realisasi vaksinasi yang belum maksimal di Nias, kedatangan dirinya bersama Kada lainnya untuk menyampaikan permohonan supaya Presiden Jokowi memberi perhatian khusus mendorong percepatan pembangunan di Kepulauan Nias.

Adapun usulan itu di antaranya, pembangunan jalan lingkar Kepulauan Nias,perpanjangan landasan pacu dan pelebaran Bandara Binaka di Gunungsitoli, dan peningkatan status jalan provinsi menjadi jalan nasional di wilayah Kabupaten Nias Utara.

Demikian juga sektor pariwisata, pertanian dan sektor perikanan di masing-masing kabupaten/kota, telah diusulkan termasuk penerbangan rute Nias- Jakarta yang ditutup dalam beberapa bulan terakhir agar diaktifkan.

Amizaro Waruwu yang juga Ketua Forum Kepala Daerah (Forkada) Kepulauan Nias itu, juga mengakui bahwa dalam beberapa tahun belakangan, kepala daerah telah berupaya melakukan pembangunan meskipun jumlah APBD yang sangat terbatas, namun masih banyak yang perlu harus dibangun.

"Itu lah tujuan kami menyampaikan permohonan kepada bapak Presiden, agar memberikan kebijakan khusus. Sehingga Kepulauan Nias yang terdiri dari empat kabupten dan satu kota itu, bisa sejajar dengan daerah lainnya.," sebut Amizaro seraya menjelaskan usulan yang disampikan telah diterima. Dan Pak Jokowi telah berjanji akan menindaklanjutinya. (*)

Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com