Terancam Erosi, Warga Dusun Manggaduadalam Berharap Dinding Sungai Padang Diperbaiki


85 view
(Foto: SIB/Lambok Simbolon)
TERANCAM EROSI: Dinding sungai Padang di Dusun Manggaduadalam, Desa Bandartengah Sergai terancam erosi. Warga berharap ada perbaikan dari pemerintah daerah maupun pihak terkait. Gambar dipetik SIB, Rabu (28/4). 
Sergai (SIB) -Warga Dusun Manggadua-dalam, Desa Bandartengah, Kecamatan Bandarkhalifa Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) berharap pemerintah daerah maupun pihak terkait segera memperbaiki dinding Sungai Padang yang mengalir di dusun mereka.

Pasalnya setiap debit air naik, dinding sungai selalu tergerus akibat erosi sehingga mengancam areal pemukiman dan persawahan penduduk.

"Dalam setahun dua kali, kita selalu khawatir apalagi saat musim hujan, dinding sungai bisa pecah. Akibatnya air meluap menganggu beberapa desa, seperti Bandartengah dan Juhar," jelas Damanik (65) warga sekitar saat ditemui SIB, Rabu (28/4), di lokasi.

Ia menambahkan, jika air sungai meluap ke rumah warga ketinggiannya bisa mencapai pinggang orang dewasa. Sekolah dan rumah ibadah yang berada di sekitar juga ikut terendam banjir.

Senada dengannya, L Manalu (42) juga menyampaikan, jika air meluap bisa sampai ke areal pertanian. Akibatnya musim tanam terganggu dan berdampak pada perekonomian warga.

"Kami sangat berharap dinding sungai itu diperbaiki. Ada baiknya dikasi bronjong batu agar erosi bisa dihambat. Kalau hanya ditimbun tanah, hantaman air masih terus kena dinding sungai. Lama-lama jebol lagi," tuturnya.

Saat dikonfirmasi melalui selulernya, Kepala Desa Bandartengah, Mhd Nasir kepada SIB, Rabu (28/4) mengatakan, pemerintah desa terus berupaya mengatasi erosi yang terjadi di lokasi tersebut. Bahkan pihaknya sudah menanam pohon aru maupun mahoni di sepanjang badan sungai sebagai penahan erosi.

"Untuk perbaikan secara permanen, kami sudah mengusulkan pada setiap kesempatan Musrembang. Namun, belum bisa direalisasikan. Sementara upaya kita adalah menanam pohon di sekitarnya dan seperti tahun 2010 lalu, kita masukkan alat berat untuk mempertebal dinding sungai," tutupnya. (LS/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com