Terganjal Perbup, Aparat Desa Se Labusel 4 Bulan Tidak Gajian


252 view
Terganjal Perbup, Aparat Desa Se Labusel 4 Bulan Tidak Gajian
(Foto: Republika/Agung Supriyanto)
Ilustrasi ASN 
Kotapinang (harianSIB.com)

Seribuan kepala desa dan perangkat desa di Kabupaten Labusel sepanjang tahun 2021 ini belum menerima gaji.

Pasalnya, Peraturan Bupati (Perbup) tentang Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 hingga kini belum diteken, sehingga Anggaran Belanja dan Pendapatan Desa (APBDes) tahun 2021 belum dapat direalisasikan.

Sejumlah perangkat desa yang dikonfirmasi, Jumat (16/4/2021) mengatakan, mereka tidak menerima gaji sejak Januari hingga April 2021. Menurut mereka, keterlambatan pembayaran gaji aparat desa merupakan hal lumrah karena proses administrasi, namun tidak pernah selama ini.

"Sudah empat bulan kami nggak gajian, termasuk kepala desa. Kabarnya permasalahannya Perbup," kata salah seorang perangkat desa di Kecamatan Kotapinang.

Kepala Desa Perkebunan Normark, Ali Amran yamg dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya, ia dan seluruh perangkat desanya hingga sekarang belum gajian.

"Sejak Januari hingga sekarang belum gajian. Masalahnya kurang tahu pasti, tapi mungkin Perbuplah," katanya.

Informasi yang dihimpun wartawan, belum ditekennya Perbup tentang Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 disebabkan masa transisi sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan kepala daerah definitif, pada Februari lalu. Meskipun saat itu sudah ada penunjukkan Plh Bupati oleh Gubernur, namun kewenangannya tidak dapat menerbitkan Perbup.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setdakab Labusel, Arifin yang dikonfirmasi mengatakan, Perbup ADD dan DD tahun 2021 sudah dalam proses penandatanganan. Menurutnya, Ranperbup tersebut tinggal menunggu persetujuan dari Mendagri.

"Drafnya sudah disampaikan ke Mendagri, tinggal menunggu persetujuan Mendagari. Kita juga sudah berkomunikasi kemendagri," katanya. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Wilfred/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com