Terima Duta Siswa Indonesia, Wagub Sumut Minta Kegiatan Harus Ada Nilai Ekonomisnya


125 view
Terima Duta Siswa Indonesia, Wagub Sumut Minta Kegiatan Harus Ada Nilai Ekonomisnya
(foto: bsk)
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengapresiasi Pemilihan Duta Siswa Indonesia tahun 2023 yang telah digelar Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa (YLIB) di Hotel Emeral Garden, Medan, Jumat (27/01/2023) lalu.
Medan (SIB)
Didampingi Duta Siswa Utama Indonesia 2023 Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Maily Chung, Duta Siswa Pendidikan Indonesia 2023 Perwakilan Sumut M Caturiandy dan Duta Siswa Pendidikan Indonesia 2023 perwakilan Kalimantan Timur Nadilla Putri, Ketua Umum YLIB Ahmad Zaki Mubarak menemui Wagub Sumut Musa Rajekshah di Ruang Kerjanya Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, kemarin.
Sumber Diskominfo Sumut, Sabtu (4/2) menyebutkan, Wagub Sumut mengapresiasi Pemilihan Duta Siswa Indonesia tahun 2023 yang telah digelar Yayasan Lingkar Inspirasi Bangsa (YLIB) di Hotel Emeral Garden, Medan beberapa waktu lalu.
Diharapkannya, kegiatan ini punya kelanjutan, tidak sebatas hanya pemilihan duta siswa.
Duta Siswa Indonesia yang terpilih wajib memiliki advokasi, dimana advokasi mereka harus mampu meningkatkan kualitas, kreatifitas, kaya berfikir kritis untuk pelajar di provinsi mereka masing-masing.
Disebutkannya, harus ada kelanjutan dari program ini. Tapi ke depan bisa dipikirkan bagaimana juga ada nilai ekonomisnya, itu perlu untuk keberlangsungan ke depan.
Mungkin bisa melalui keterampilan membuat produk yang bisa dijual, manfaatkan waktu ini untuk diri sendiri juga bermanfaat untuk orang banyak.
YLIB diharapkan bisa terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak khususnya pemerintah agar akses informasi bisa diterima.
Sementara itu, Zaki mengucapkan terima kasih atas arahan yang diberikan Wagub Sumut. Diakuinya, selain advokasi Duta Siswa Indonesia juga memiliki tiga program kerja nasional yaitu Bimbel Online Persiapan SNBT 2023, membuat buku dengan tema ‘Anak Sekolah Harus Berprestasi’ dan Program Dusuta.
Disebutkannya, program Bimbel online ini untuk membantu siswa yang tidak punya kesempatan ikut bimbingan belajar karena masalah ekonomi.
Kalau buku bertujuan untuk memotivasi para pelajar untuk mampu bersaing dan berprestasi, serta yang terakhir Program Dusuta yaitu sebuah program dimana setiap duta siswa wajib membuat konten masing-masing lima konten berisikan wawasan yang jarang dibahas kebanyakan orang.
Duta Siswa Indonesia 2023 merupakan edisi pertama yang dilaksanakan di Kota Medan.
Peminatnya cukup besar, sebanyak 4.000 peserta yang mendaftar dan akhirnya terpilih 51 Siswa terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang mengikuti karantina dan grand final.
Karantina dan Grand Final Duta Siswa Indonesia dilaksanakan 27-30 Januari 2023 dan terpilihlah Parhan Yusuf Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan Maily Chung Perwakilan Sumatera Utara sebagai pemenang utama pada pemilihan ini. (A12/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com