Terkait Kasus Dugaan Korupsi FORMI, Kasi Intel Kejari Asahan : Ada Ditemukan Perbuatan Melawan Hukum


674 view
Terkait Kasus Dugaan Korupsi FORMI, Kasi Intel Kejari Asahan : Ada Ditemukan Perbuatan Melawan Hukum
Internet
Ilustrasi
Kisaran (harianSIB.com)

Terkait kasus dugaan korupsi di Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Asahan yang dilaporkan masyarakat ke Kejari Asahan karena disinyalir telah melakukan dugaan korupsi atas penerimaan dana hibah sebesar Rp 1,5 miliar di tahun 2019 menemukan fakta baru.

Kajari Asahan melalui Kasi Intel Josron Malau kepada harianSIB.com, Senin (31/5/2021) mengungkapkan berdasarkan hasil penelaahan laporan ada ditemukannya perbuatan melawan hukum. Karena temuan itu, pihaknya melakukan koordinasi ke Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Asahan dan meminta untuk dilakukan audit.

Namun, sebut Josron, hasil audit dari APIP Asahan belum juga mereka terima. Kejari Asahan pun telah berulang menyurati Inspektorat Asahan selaku APIP, tetapi tidak juga diberikan.

"Bahkan tanggal 24 Februari 2021 Kajari Asahan langsung menyurati Kepala Inspektorat Asahan untuk meminta perkembangan," ujarnya.

Lanjut Josron Malau, melalui surat Inspektorat Asahan menerangkan ada kendala dalam melakukan audit kasus, yakni tidak hadirnya pihak terkait di luar ASN meski telah berulang kali dipanggil.

Josron Malau menambahkan, pihaknya terus mendesak agar segera diberikan perkembangan kasus dimaksud. "Memang tidak ada batas waktu disebutkan, tetapi ada etika hukum. Karena tujuan hukum itu agar terwujudnya keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Asahan Zulkarnain Nasution kepada harianSIB.com mengatakan, pada penanganan kasus dugaan korupsi FORMI Asahan terkendala dalam pemanggilan pihak-pihak terkait di luar ASN.(*)
Kisaran, 1/6/2021

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com