Terkait Pencemaran Sungai di Besitang, DLH Langkat Tunggu Hasil Laboratorium


84 view
Terkait Pencemaran Sungai di Besitang, DLH Langkat Tunggu Hasil Laboratorium
BP/Sangkot Sihotang
Pemkab Langkat melakukan pemeriksaan di Sungai Sei Sirah Besitang.
Langkat (SIB)
Kadis Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Langkat, Iskandar Zulkarnain Tarigan dan Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP), Henri Tarigan , Senin (13/9) lalu ,meninjau Sungai di Desa Sei Sirah Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat yang diduga tercemar.

Namun dari hasil peninjauan dan uji sampel air sungai serta ikan dan habitat lainnya yang turut mati belum diketahui penyebab dari pencemaran, masih menunggu hasil laboratorium 14 hari depan.

“Sampai sekarang belum dapat menyimpulkan penyebab ikan mati di teluk itu apakah terkait limbah pabrik mengandung zat kimia atau yang terkait lainnya”,sebut Iskandar Tarigan menjawab wartawan melalui telepon selularnya, Kamis (16/9).
Sebelumnya, Kadis LH bersama Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) menelusuri sungai bersama warga sekitar menggunakan perahu sampan, ke titik lokasi yang menurut warga sebagai tempat pembuangan limbah dari 3 (tiga) PKS. Diduga kuat limbah menjadi penyebab tercemarnya air Sungai Sei Sirah.

Iskandar menegaskan, pihaknya masih mendalami apa penyebab tercemarnya air sungai. Dia berjanji akan menyelesaikan permasalahan ini sampai kondisinya terkendali, sehingga tidak lagi terjadi pencemaran.

Pihaknya sudah menggambil sempel air dan ikan yang mati dari Sungai Sei Sirah, guna pengujian di laboraturium. Pengujian itu, untuk mengetahui secara pasti kemungkinan ada tidaknya kandungan zat berbahaya yang mencemari air sungai, yang menjadi penyebab ribuan ikan mati.

Diketahui dari keterangan warga setempat, air sungai tercemar diduga akibat pembuangan limbah yang mengandung zat kimia berbahaya yang dilakukan pabrik sekitar lokasi . Limbah itu menurutnya, dicurigai dibuang ke Paluh Beruang yang berada di wilayah hilir Sungai Sei Sirah.

Turut ke lokasi melakukan peninjauan, Kabid Pencemaran dan Kerusakan Dinas LH, Hemat Simbolon dan Analisis Standarisasi Budidaya DKP, Agung Sugiarta beserta tim dari kedua dinas. (A-7/c).


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com