Terkait Warga Kampung Keling Pancurbatu Bermohon Jalan, Kalapas Diminta Sampaikan Permasalahan yang Jelas kepada Pimpinan


188 view
Terkait Warga Kampung Keling Pancurbatu Bermohon Jalan, Kalapas Diminta Sampaikan Permasalahan yang Jelas kepada Pimpinan
(Foto Dok/Leo Bukit)
Abdul Hakim Keliat SH 
Pancurbatu (harianSIB.com)
Anggota DPRD Deliserdang Abdul Hakim Keliat menanggapi aksi warga Kampung Keling yang keberatan penutupan akses jalan akibat pembangunan Lapas Pancurbatu. Menurutnya, Menteri Hukum dan HAM RI menerima keluhan warga yang sudah berpuluh tahun lamanya bertempat tinggal di belakang bangunan Lapas Pancurbatu.

Permintaan warga juga wajar, sebab jika jalan tersebut ditutup maka akan mengakibatkan sulitnya akses menuju ke rumah warga yang bertempat tinggal di sekitar tersebut. Bahkan, seandainya terjadi kebakaran, maka mobil pemadam kebakaran tidak akan dapat menjangkau lokasi perumahan di dalam.

"Wajarlah permintaan warga agar satu-satunya akses jalan yang dapat dilalui mobil tersebut tidak ditutup dapat dikabulkan. Saya yakin bapak Menteri Hukum & HAM RI akan menanggapinya. Terlebih masyarakat selama ini sudah mengaggap bapak Yasonna Laoly itu anak Pancurbatu. Bapak Kalapas Pancurbatu juga diminta memberikan laporan serta penjelasan yang baik kepada pimpinannya tentang permasalahan ini," katanya kepada harianSIB.com, Senin (13/9/2021) malam.

Sebelumnya, puluhan warga Kampung Keling, Dusun II, Desa Kampung Tengah, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, mengirimkan surat kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI serta Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut.

Susila (45) warga Kampung Keling mengatakan surat itu dikirim sebagai permohonan agar berkenan kiranya memberikan akses jalan kepada warga yang akan terisolir akibat penambahan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A di Desa Kampung Tengah, Kecamatan Pancurbatu. Hal itu dikatakannya kepada harianSIB.com, Senin (13/9/2021). (*)


Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com