Terlalu Banyak Kritik, Anggaran Pembangunan Jalan di Nias Bisa Dialihkan


117 view
Terlalu Banyak Kritik, Anggaran Pembangunan Jalan di Nias Bisa Dialihkan
Foto Dok
Firman Hutauruk
Gunungsitoli (SIB)
Pejabat Pebuat Komitmen (PPK) 3.5 Nias, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara, Firman Hutaruk, Sabtu (11/9) mengatakan, pembenahan jalan nasional di Nias diharapkan berjalan aman, kondusif dan tidak riuh, sehingga anggaran tidak dialihkan ke daerah lain.

Kepada SIB, Firman mengatakan, jika proses pembangunan jalan nasional mendapat kritik berlebihan menyebabkan riuh, pembangunan bisa batal.

Dicontohkan, pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah pusat pernah menyetujui anggaran hampir Rp 100 miliar untuk melanjutkan pembagunan jalan lingkar Nias Barat-Nias Utara yang sudah lama didambakan. Karena banyaknya gangguan di lokasi, pemerintah pusat megalihkan sebagian besar dana ke daerah lain.

Firman enggan menjelaskan gangguan gangguan dimaksud, namun melalui penelusuran informasi yang dilakukan jurnalis SIB baru-baru ini, diketahui gangguan tersebut berupa ganti rugi lahan yang tidak masuk akal, adanya larangan warga dalam mobilisasi bahan material dan lainnya.

PPK pun mengatakan, warga di lokasi pembangunan jelas sangat rugi. Terbukanya akses layak yang seyogianya mengangkat perekonomian warga. Harga tanah akan mengalami kenaikan secara signifikan, harga komoditas pertanian meningkat yang semuanya akan bermuara pada kualitas hidup yang lebih baik.

"Kami tidak bosan-bosan mengimbau, khususnya di wilayah kerja kami Gunungsitoli-Telukdalam, mari saling mendukung, jika ada yang kurang jelas silakan berdiskusi dengan kami," tegasnya. (A19/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com