Terombang-ambing di Laut Natuna, TNI AL Selamatkan ABK Tanker Singapura


164 view
Terombang-ambing di Laut Natuna, TNI AL Selamatkan ABK Tanker Singapura
Foto: SIB/Dispen Koarmada I
PENYELAMATAN: Sejumlah personel KRI John Lie dengan menggunakan RHIB melaksanakan penyelamatan ABK MT Katherinen yang jatuh ke laut dan sempat terombang-ambing selama delapan jam di Laut Natuna Utara, Jumat (7/5).
Belawan (SIB)
Setelah terombang-ambing dengan peralatan seadanya kurang lebih 8 jam di tengah laut Perairan Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI), seorang pria, anak buah kapal (ABK), MT St Katherinen berbendera Singapura, Avoldin Artem (22) diselamatkan petugas kapal perang, KRI John Lie 358.

Aksi pencarian dan pertolongan tersebut berlangsung, Jumat (7/5) setelah KRI John Lie 358 mendapat signal distress, Mayday, Mayday, Mayday dari kapal tanker MT St Katherinen yang menyebutkan salah satu ABK kapal tanker itu jatuh ke laut di Perairan Natuna Utara, saat dalam pelayaran dari Rusia menuju Malaysia.

Selanjutnya, menerima signal tersebut, KRI John Lie 358 yang sedang melakukan patroli kedaulatan di Laut Natuna Utara segera menuju lokasi. Dalam dua jam KRI John Lie-358 tiba di lokasi, kemudian melaksanakan prosedur pencarian dan pertolongan dengan metode “rectangular search pattern.

Berdasarkan informasi tambahan yang diperoleh dari sebuah kapal, korban kemudian ditemukan dalam kondisi terombang-ambing oleh gelombang.

Dengan menggunakan Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), sejumlah personel KRI Jihn Lie-358 mengevakuasi korban dalam keadaan hipotermia (kedinginan), dan setelah menjalani perawatan oleh Bintara Kesehatan di KRI John Lie, korban dikembalikan ke MT St Katherinen

"Korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat namun mengalami kedinginan setelah terapung-apung selama kurang lebih delapan jam, setelah mendapatkan perawatan awal oleh Bintara Kesehatan KRI, korban dikembalikan ke MT St Katherinen,” ujar Komandan KRI John Lie-358, Kolonel Laut (P) Rafael Dwinatu AP

Sementara itu, Panglima Koarmada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Abdul Rasyid SE MM mengatakan, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono SE MM, mengapresiasi penyelamatan yang dilakukan KRI John Lie-358. Keberadaan TNI AL harus dapat memberikan manfaat kepada warga negara Indonesia maupun masyarakat internasional pengguna laut, dalam mewujudkan keamanan laut. (A9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com