Tersangka Pembakar Mobil DPRD Tapteng Prapidkan Kapolres Tapteng ke PN Sibolga


2.711 view
Foto SIB:Helman Tambunan
Bukti Permohonan : Mahmuddin Harahap SH dan Devi Angraini Siahaan SH memperlihatkan bukti permohonan Praperadilan yang sudah didaftarkan di PN Sibolga, di kantornya Jalan Mahoni No 6 Sibolga,  Kamis (10/6).
Sibolga (harianSIB.com)

Hasan Kamil Sibagariang (24) melalui pengacaranya Mahmuddin SH, Devi Anggraini Siahaan SH dan Asminar Dwi Putri Lubis SH mengajukan permohonan pra-peradilan ke Pengadilan Negeri (PN) Sibolga, No. 1/Pid.Pra/2021, Rabu (9/6/2021).

Mahmuddin kepada wartawan di Kantornya, Jalan Mahoni No 6 Sibolga mengatakan, pihaknya menilai ada pelanggaran hukum dalam penetapan kliennya sebagai tersangka, salah satunya prosedur yang harus dijalankan penyidik tidak sesuai KUHAP dan Perkap tentang manajemen penyidikan.

"Klien kami (Hasan Kamil Sibagariang) ditangkap dan ditetapkan tersangka tanpa diperiksa terlebih dahulu," kata Mahmuddin.

Mahmuddin berkeyakinan kliennya bukan pelaku pembakaran, karena pada saat kejadian sedang berada di rumah. Pengacara senior di Kota Sibolga - Kabupaten Tapanuli Tengah itu mengapresiasi polisi melakukan penyelidikan dalam tindak pidana tersebut, namun seharusnya sesuai dengan aturan yang ada.

Tetapi yang terjadi malah setelah kliennya ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka, ada oknum pejabat di Tapteng memberi keterangan kepada pers bahwa pelaku yang ditangkap tersebut adalah supir bandar Narkoba, dan meminta polisi untuk mengusut otak pelaku.

"Hukum itu fakta, bukan halusinasi, apalagi sampai mengintervensi polisi dalam melakukan penyelidikan atau penyidikan,"katanya.

Mahmuddin mengaku dalam praperadilan nantinya akan membuka semua bukti-bukti ketidakterlibatan kliennya dalam kasus pembakaran tersebut, dan berharap majelis hakim yang memeriksa dapat memberi putusan membatalkan penetapan tersangka kliennya.

Sementara Humas Polres Tapteng H Gurning yang dimintai wartawan tanggapannya terkait tersangka pembakar mobil milik DPRD Tapteng, Hasan Kamil Sibagariang mengajukan Praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Sibolga mengaku bahwa penyidik belum menerima pemberitahuan dari PN Sibolga.

Sekedar mengingatkan mobil Honda CRV warna Hitam dengan Nomor Polisi BK 1785 UX milik Anggota DPRD Tapteng Madayansyah Tambunan dibakar Orang Tidak Kenal (OTK) pada 22 Mei 2021 sekira pukul 03.21 WIB. Mobil dibakar saat sedang parkir di garasi rumah, Lingkungan II, kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, Tapanuli Tengah. (*)

Penulis
: Helman
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com