Tertibkan Ribuan APK di Simalungun, Bawaslu akan Patroli Cegah Money Politics


279 view
Tertibkan Ribuan APK di Simalungun, Bawaslu akan Patroli Cegah Money Politics
(Foto SIB/Revado Marpaung)
Ketua Bawaslu Simalungun Adillah Feruari Purba SPd ikut turun bersama tim gabungan menertibkan alat peraga kampanye (APK) di Jalan Saribudolok, Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun, Minggu (11/2).
Simalungun (SIB)
Personel gabungan dari unsur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Simalungun, TNI, Polri dan Satpol PP mulai menertibkan ribuan alat peraga kampanye (APK) secara serentak saat memasuki masa tenang Pemilu 2024, Minggu (11/2).
Ketua Bawaslu Simalungun Adillah Feruari Purba SPd mengatakan bahwa jadwal penurunan APK dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan se-Kabupaten Simalungun dimulai sejak tanggal 11 Februari.
"Sesuai aturan, Minggu (11/2) pukul 00.00 WIB sudah tahapan masa tenang. Karena itu, kita pastikan untuk tidak ada kampanye," katanya seusai apel siaga dan patroli pengawasan masa tenang di kantor Bawaslu Kabupaten Simalungun Kecamatan Panei, Minggu(11/2).
Adillah mengatakan untuk titik lokasi yang akan dilakukan penurunan APK di antaranya di sepanjang jalan Saribudolok jurusan Siantar-Raya, Simpang Raya-Tigaras, jalan besar Sidamanik serta jalan umum yang ada di wilayah Kabupaten Simalungun.
Dari hasil penertiban itu, nantinya bakal dikumpulkan di lokasi penampungan yakni kantor Bawaslu. "Kegiatan ini dilakukan di semua wilayah termasuk di tingkat kecamatan, dan APK yang sudah ditertibkan akan dikumpul di gudang Bawaslu", ujarnya.
Terpisah, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Simalungun, Purba Diamanson Purba, penertiban APK itu juga melibatkan petugas dari Panwascam dan Panitia Pengawas Desa/Kelurahan.
Tim penertiban APK juga dilengkapi sejumlah truk untuk mengangkut APK yang dicabut seperti baliho, spanduk dan umbul-umbul.
Menurut Diamanson, masa tenang dimulai tanggal 11 sampai 13 Februari 2024, untuk itu seluruh tim kampanye parpol diharapkan secara sukarela membersihkan APK di kantornya masing-masing.
“Seluruh calon agar memberi contoh yang baik dalam ketaatan peraturan. Kepada tim kampanye tidak bisa lagi melakukan kampanye pada masa tenang," ucap Diamanson.
Cegah Money Politics
Dia menambahkan Bawaslu Simalungun akan berpatroli untuk memastikan tidak ada money politics atau mencegah terjadinya praktik transaksional atau politik uang. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com