Tertunda Lima Bulan Akibat Covid-19, GPP akan Gelar Sinode Menyusul GKPI dan GBKP

* Bishop Erwin Tambunan Ucapkan Selamat untuk Suksesnya SA GKPI dan GBKP

295 view
Foto SIB/Relieve Pasaribu
Keterangan Pers :  Bishop  Pdt Erwin Tambunan MTh (tengah) didampingi Sekjen Pdt J Barimbing MTh (kanan) dan Ketua Pelaksana Sinode Agung XIII GPP, Drs Sanggam Hutagalung MM saat memberi keterangan pers di Kantor Pusat GPP Jalan Sempurna Ujung Medan, Senin (19/4)  terkait rencana pelaksanaan sinode yang akan dilaksanakan di Sibolangit pada 23-25 April 2021 mendatang.
Medan (SIB)
Setelah tertunda lima bulan akibat pandemi Covid-19, Sinode Agung XIII Gereja Protestan Persekutuan (GPP) akhirnya akan dilaksanakan pada 23 - 25 April 2021 di Taman Jubileum Retreat Center GBKP di Sibolangit, Kabupaten Deliserdang. Sinode GPP yang mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) itu dilaksanakan menyusul suksesnya Sinode Agung GKPI dan GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) yang juga sama-sama tertunda akibat Covid-19.

Bishop GPP, Pdt Erwin Tambunan MTh didampingi Sekjen, Pdt Drs J Barimbing MTh dan Ketua Panitia Pelaksana Sinode Agung (SA) XII, Drs Sanggam Hutagalung MM menginformasikan hal itu kepada wartawan di Kantor Pusat GPP, Senin (19/4).

Disebutkan Erwin Tambunan, tema SA GPP kali ini adalah "Sebab di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa" yang dikutip dari Yohanes 15;5b. Sinode seharusnya dilaksanakan bulan Oktober 2020 lalu, tapi demi menghindari penyebaran Covid-19 diperparah terganggunya ekonomi seluruh masyarakat, maka even penting lima tahunan itu dengan berat hati ditunda.

Menurutnya, dalam sinode nanti akan diberikan pertanggungjawaban tugas pelayanan sekaligus dilakukan rapat evaluasi untuk memertajam pelayanan menuju pencapaian visi dan misi melalui Tri Tugas Panggilan Gereja yang akan dijabarkan dalam Rencana Strategis (Renstra) GPP 5 Tahun. "Kemudian dalam sinode agung akan dilakukan pemilihan Bishop, Sekjen, kepala departemen (Kadep) dan Kordinator Wilayah," jelas Erwin Tambunan diamini Sekjen J Barimbing.

Dia menambahkan, GPP berdiri tanggal 18 Mei 1975 dan hingga kini telah memiliki 84 gedung gereja dengan 10.464 jiwa yang tersebar di enam provinsi yaitu Sumut, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

Menurutnya, penundaan sinode itu selain menjaga keselamatan jemaat dari Covid-19, juga akibat menurunnya pendapatan seluruh gereja GPP akibat pembatasan kegiatan ibadah selama setahun lebih dalam masa pandemi.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Sanggam Hutagalung menjelaskan, sebagai rangkaian Prokes Covid-19 maka seluruh peserta dan panitia yang berdomisili di Medan sekitarnya harus menjalani pemeriksaan dengan PCR maupun swab antigen di RSU Pirngadi Medan. Sedangkan untuk jemaat gereja ataupun peserta dari luar kota maupun undangan juga telah disiapkan tes PCR di arena sinode di Sibolangit.

Selain itu tambah Sanggam, panitia juga menyediakan tempat cuci tangan di luar gedung pertemuan serta akan membagikan masker maupun handsanitizer kepada setiap peserta sinode nantinya.

Pada kesempatan itu Sanggam maupun pucuk pimpinan GPP menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution terkhusus Dirut RSU Pirngadi Medan, dr Suryadi Panjaitan yang telah membantu sehingga pelaksanaan tes PCR dan swab bias diberikan gratis kepada peserta sinode.

Bishop Erwin Tambunan pada kesempatan itu juga menyampaikan ucapan selamat atas sukses dan lancarnya pelaksanaan sinode agung GKPI maupun GBKP baru-baru ini. "Selamat kami sampaikan kepada seluruh jemaat yang telah sukses memilih pemimpinnya dan selamat kepada pucuk pimpinan baru GKPI dan GBKP yang terpilih. Doakan juga kami supaya pelaksanaan Sinode Agung XIII GPP juga berlangsung lancar meski di tengah pandemi maupun di tengah kesulitan ekonomi akibat Covid-19," sebut Erwin Tambunan diamini Pdt J Barimbing. (R8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com