Rapat Satgas Covid Langkat

Tidak Ada Tambahan Biaya Pemakaman Covid dan Pemakaman Malam Hari


91 view
Tidak Ada Tambahan Biaya Pemakaman Covid dan Pemakaman Malam Hari
(ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Ilustrasi: Petugas memakamkan jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9/2020).
Langkat (SIB)
Satgas Percepatan Penanggulangan Covid -19 Kabupaten Langkat menggelar rapat membahas vaksinasi dan penyaluran pembayaran biaya pemakaman pasien Covid -19 dipimpin Sekdakab Langkat dr. H Indra Salahudin, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (21/9).

Dalam pertemuan itu, Sekda meminta Dinas Kesehatan mempercepat proses administrasi pembiayaan pemakaman pasien Covid -19. Karena pembiayaan dapat segera disalurkan BPKAD setelah administrasi dilengkapi dan diselesaikan oleh Dinas Kesehatan Langkat.

"Biaya pemakaman pasien Covid 19 cepat disalurkan," sebut Sekdakab Langkat.

Sekda, meminta kepada para camat se-Kabupaten Langkat, menepis isu miring soal biaya tambahan pemakaman Covid-19 yang ada di masyarakat. Karenanya segera menginformasikan kepada masyarakat tidak ada lagi pemakaman di malam hari.

"Tidak ada itu biaya tambahan yang harus di keluarkan dari keluarga pasien Covid-19 dan dilarang melakukan pemakaman di malam hari," tegas Sekda seraya menginstruksikan agar para Camat tetap memantau informasi terkait penanganan dan perkembangan Covid -19 di masing-masing wilayahnya.

Selanjutnya Sekda menyampaikan pesan Bupati, perlunya percepatan vaksinasi, sebab Langkat masih mencapai 11 persen dari target. serta mengintruksikan agar Dinkes terus memantau ketersediaan dosis vaksin yang sudah ada, lalu dipisahkan antara dosis 1 dan dosis 2, sembari menunggu penambahan kekurangan vaksin dari pusat.

Personil Vaksin Perlu Ditambah
Sementara Plt Kadis Kesehatan Langkat dr Juliana Tarigan meminta agar personil Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten ditambah agar penanganan kasus Covid-19 dan vaksinasi, dapat menjangkau sampai tingkat kecamatan dan desa dengan cepat.

"Pelaksanaan vaksinasi memerlukan personil tambahan," ujarnya.
Ia juga meminta, agar pihak kecamatan dan Puskesmas cepat dan lengkap dalam memberikan data administrasi agar pembiayaan pemakaman pasien Covid-19 bisa cepat disalurkan.

"Satu pemakaman biayanya Rp1,4 juta. Jadi data regulasi penjabaran biaya pemakaman senilai Rp1, 4 juta itu, perlu dipaparkan dengan jelas," sebutnya. (A-7/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com