Tiga Anggota Polres Labuhanbatu Dipecat, Empat Dapat Reward


776 view
Tiga Anggota Polres Labuhanbatu Dipecat, Empat Dapat Reward
Foto: Dok/Polres Labuhanbatu
DIPECAT: Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti memberi tanda silang (X) di foto 3 personel Polres tersebut yang dipecat, pada upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) 3 bintara karena melanggar kode etik, Jumat (26/11), di lapangan apel Mapolres, Jalan MH Thamrin Rantauprapat.
Rantauprapat (SIB)
Tiga anggota Polres Labuhanbatu dipecat. Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti memimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap ketiga bintara karena melanggar kode etik, Jumat (26/11), di lapangan apel Mapolres, Jalan MH Thamrin Rantauprapat.

"Polri tidak berharap sempurna, akan tetapi Polri harus terus berusaha menjadi yang terbaik di mata masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan," sebut AKBP Anhar Arlia Rangkuti pada upacara itu.

Dia menambahkan, pimpinan Polri akan memberikan reward dan funishmen bagi personel yang berprestasi.

"Sebaliknya, hukuman seberat-beratnya akan diberikan kepada personel apabila melakukan pelanggaran kode etik, apalagi terkait penyalahgunaan narkoba yang sangat diatensi pimpinan. Mungkin ini merupakan hari yang tidak baik bagi ketiga personel yang telah melanggar kode etik yang telah di-PTDH," ungkapnya.

Kapolres menjelaskan, Polri sebagai penegak hukum dan ujung tombak pemberantasan narkoba. "Bukan menjadi pengguna atau pelaku penyalahgunaan narkoba," tegasnya.

Personel yang mendapat PTDH, yakni Aiptu Abdollah Ali. Abdollah terbukti melakukan pelanggaran tidak masuk dinas sampai sekarang. Kemudian, Aipda Tedy Wirawan dan Brigpol Wansepna Hendra, karena pada pemeriksaan urin secara acak di Polres Labuhanbatu, urin keduanya positif mengandung Amphetamine dan Metamphetamine yang di dalamnya terdapat kandungan narkoba.

"Ketiga personel tersebut terbukti melanggar pasal 14 ayat (1) huruf a PPRI nomor 1 tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri dan pasal 11 huruf e Peraturan Kapolri nomor 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri yang tertuang dalam Surat Keputusan Kapolda Sumatera Utara nomor 1.093, 1.094 dan 1.097 tanggal 17 November 2021," jelas Kapolres.

Meski ketiga personel yang diberhentikan tidak hadir dalam upacara ini, secara simbolis Kapolres memberikan SKEP PTDH kepada Seksi Propam sekaligus memberikan tanda silang (X) terhadap foto ketiga personel yang di-PTDH.

Upacara dihadiri Wakapolres, Kompol Drs Hermansyah, para Kabag, para Kasat, para Kasubbag, para perwira, bintara dan ASN Polres Labuhanbatu.

Reward
Selain tiga personel yang di PTDH, Kapolres Labuhanbatu juga mengapresiasi 4 personel berprestasi. Pemberian reward dilakukan dalam upacara di lapangan apel Mapolres, Jalan MH Tamrin Rantauprapat, Jumat (26/11).

Personel yang mendapat reward, Ipda Iskandar Muda Sipayung, jabatan Kasi Propam. Reward diberikan kepada Iskandar Muda atas dedikasinya menyumbangkan ilmu kepada masyarakat sebagai dosen di Universitas Labuhanbatu dan Universitas Alwasliyah Labuhanbatu (Univa). Kemudian Bripka Didik Irawan, jabatan Bhabinkamtibmas Sidorejo atas kepercayaan masyarakat dan amanah sebagai Ketua BKM Sidorejo dan sebagai Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Iklas Lingkungan Sidorejo Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Selanjutnya, Briptu Julhamadi Munthe, jabatan Bintara Satbinmas, atas dedikasinya menyumbangkan ilmu pengetahuan ke masyarakat, sebagai Guru Bahasa Arab pada Pondok Pesantren Darus Sholihin Kelurahan Aekpaing Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu.

Kemudian personel Bhabinkamtibmas Desa Janji Kecamatan Bilah Barat Labuhanbatu, Aiptu R Simanjuntak. Kapolres memberinya uang untuk membeli baju dinas yang baru.

"Mereka yang mendapat reward adalah personel yang melaksanakan tugas melebihi dari beban tugasnya, dan dalam pelaksanaan tugas mengedepankan pelayanan kepada masyarakat," sebut Kapolres.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada personel yang mendapat reward. "Reward diberikan agar tetap konsisten membuat citra kepolisian lebih baik lagi," jelasnya. (E5/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com