Tim Evaluasi PT P2WKSS Sumut Tinjau Desa Maju


138 view
Tim Evaluasi PT P2WKSS Sumut Tinjau Desa Maju
(Foto: Dok/Kominfo Dairi)
FOTO BERSAMA: Ketua TP PKK Dairi, Romy Mariani, Ketua Tim Evaluasi, Angga Pramudia foto bersama  warga lansia Desa Maju, Kamis (22/9/2022), di Desa Maju.

Sidikalang (harianSIB.com)

Tim evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT P2WKSS) melakukan peninjauan dan evaluasi penilaian terhadap Desa Maju, Kecamatan Siempat Nempu, Kamis (22/9/2022).


Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bahagia Ginting, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani Simarmata, Ketua Tim Evaluasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Utara, Angga Pramudia.


Bahagia Ginting mengatakan, Pemkab Dairi menetapkan Desa Maju menjadi desa binaan PT P2WKSS.


Lanjutnya, banyak hal yang belum sesuai harapan dari tim penilai. Namun sesuai indikator yang telah disampaikan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah berkoordinasi dengan pemerintah Desa Maju.


Pada bidang kesehatan, lanjutnya, penurunan angka stunting terus dilakukan di Desa Maju.


Kemudian akan dilakukan pembenahan terhadap pengelolaan air minum serta air bersih yang akan dibangun sampai ke rumah.


Pada bidang ekonomi, katanya, dilakukan peningkatan pendapatan masyarakat melalui pembinaan KUR klaster, di mana Pemkab Dairi bersama Bank Sumut sebagai mitra pendamping untuk mengucurkan modal pertanian.


Sementara itu, Romy Mariani menuturkan, P2WKSS tidak hanya dilakukan di desa, namun semua stake holder harus bersama sama ikut mendukung.


Desa Maju sebagai desa binaan PT P2WKSS dikarenakan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.


Kemudian, Desa Maju masih rawan pendidikan, rawan kesehatan dan rawan ekonomi, sehingga peran dari setiap stake holder tersebut diharapkan mampu membuat desa itu, menjadi sejahtera sesuai namanya desa maju.


Salah satu stakeholder mendukung Desa Maju adalah adalah hadirnya peran PKK yang juga sebagai mitra pemerintah.


Peran PKK yang anggotanya didominasi perempuan sangat dibutuhkan, untuk mendukung peningkatan kesejahteraan ekonomi masing-masing keluarga.


Kehadiran tim dari Provinsi Sumatera Utara diharapkan akan memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Maju sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera untuk mewujudkan Dairi yang Unggul. (B3)


Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com