Tim Gabungan Pembentukan LABB Daerah dibentuk, Pilot Project Kabupaten Samosir


503 view
Foto: SIB/Victor Ambarita
Foto Bersama : Pengurus “Tim Gabungan Pembentukan LABB Daerah, Percepatan Pemajuan Kesejahteraan Bangso Batak, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif di Kawasan Danau Toba 21” foto bersama di Kawasan TMII, Jakarta, Sabtu (1/5/2021).
Jakarta (harianSIB.com)

Dewan Mangaraja Lokus Adat Budaya Batak (DM-LABB) dan DPP LABB memberikan mandat kepada Tim Gabungan Pembentukan LABB Daerah, Percepatan Pemajuan Kesejahteraan Bangso Batak, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif di Kawasan Danau Toba 21”.

Mandat Tim Gabungan Pembentukan LABB Daerah (TGP LABB Daerah) diserahkan oleh Ketua Umum DM-LABB Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu didampingi Ketua Umum DPP LABB Budiman P Sinambela, BBA, kepada Ketua TGP LABB Daerah Drs Martua Situngkir, Ak. Penyerahan mandat digelar di Kawasan TMII, Jakarta, Sabtu (1/5/2021).

Berikut adalah susunan Tim Gabungan Pembentukan LABB Daerah (TGP LABB Daerah). Di antaranya, Dr Monang Simarmata, SPM (Penasehat) dan Mayjen TNI (Purn) Dr Joy K Sihotang, MSi (Pengarah)

Ketua: Drs Martua Situngkir, Ak, Ketua Eksekutif: St Dr Pontas Sinaga, MSc, Sekretaris Eksekutif: St Ir Monang Sirumapea, MM, Sekretaris: Ir Santiamer Silalahi, Bendahara: Drs Jackson M. Turnip, MH dan Dr Wilma Silalahi, MH. Bagian Umum: Ir Kadiman Pakpahan, MM, Dahlan Gultom, Sepri Situmeang, SPi, MM, dan Pandapotan Sampetua Situngkir, MBA.

Ketua TGP LABB Daerah, Drs Martua Situngkir, Ak, mengatakan dibentuknya tim ini dalam rangka mensosialisasikan dan membentuk LABB daerah di Kawasan Danau Toba (KDT), Kotamadya Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah dengan tetap berpedoman pada konstitusi LABB.

“Kehadiran LABB ini penting guna meneruskan nilai-nilai luhur budaya Batak. Karena itu dalam waktu dekat kita akan melantik LABB di Kabupaten Samosir sebagai awalnya,” kata Martua yang juga Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DM LABB ini .

Sementara Ketua Eksekutif TGP LABB Daerah, Dr Pontas Sinaga MSc, mengutarakan tim ini akan bergerak cepat untuk membentuk Dewan Mangaraja LABB daerah di beberapa kabupaten sekitar KDT. “Sebagai pilot project, kita akan coba membentuk Dewan Mangaraja LABB di Kabupaten Samosir. Lalu nanti berlanjut di kabupaten lainnya,” ujar dia.

Pontas mengakui pembentuk LABB di beberapa kabupaten KDT ini tertunda lantaran adanya Pandemi Covid-19. “Kita berharap dengan terbentuknya Dewan Mangaraja LABB di beberapa daerah di KDT, juga di Tapanuli maka akan terjadi peningkatan ekonomi, infrastruktur, pelayanan publik di kawasan tersebut,” tandasnya. (*)

Penulis
: Victor Ambarita
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com