Tim Gegana Gelar Simulasi Jinakkan Bom di Dermaga Penyeberangan Ajibata


326 view
Tim Gegana Gelar Simulasi Jinakkan Bom di Dermaga Penyeberangan Ajibata
Foto: SIB/Linggom Parhusip
SIMULASI: Sejumlah teknisi bom Polda Sumut menggelar simulasi teknik menjinakkan bom, di lokasi parkir Dermaga Ajibata Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (23/3/2022).

Ajibata (harianSIB.com)

Sejumlah teknisi Gegana Korps Brimob Mabes Polri menggelar simulator teknik menjinakkan bom di Dermaga Pelabuhan Penyebarangan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (23/3/2022).


Komandan Satuan Pasukan Penjinak Bom P Gegena Korps Brimob Mabes Polri, Kombes Pol M Ridwan, didampingi Danden Gegana Sat Brimob Polda Sumatera Utara Kompol Heriyanto, Dansat Brimob Polda Sumatera Utara Kombes Pol Kristianto diwakilkan Dan Supden AKP Sardi menyampaikan simulasi teknik menjinakkan bom dengan melibatkan 40 teknisi penjinak bom seluruh Indonesia rutin digelar di berbagai daerah seluruh Indonesia.


Simulasi bertujuan sharing informasi terkait teknik menjinakkan bom yang saat ini dititikberatkan di Indonesia bagian Barat antara Pulau Jawa dan Sumatera Utara, serta direncanakan di wilayah Indonesia bagian Timur tahun depan.


Tujuan simulasi, selain untuk share informasi dengan intasi pemerintahan di setiap daerah, juga untuk latihan bersama antara teknisi penjinak bom (Jibom) dari seluruh Indonesia agar satu persepsi ketika menghadapi situasi yang nyata.


Disampikan Ridwan, latar belakang pemilihan lokasi simulasi menjinakkan bom di Dermaga Ajiabata karena daerah Super Prioritas Kawasan Strategi Pariwisata Nasional dan pernah ada memori kejadian bom di Sumatera Utara, Sibolga dan Polrestabes Medan.


Ridwan berharap melalui simulasi menjinakkan bom di Dermaga Ajibata dapat bersinergi dengan satuan dan instansi pemerintahan di Dermaga Ajibata ketika menemukan hal-hal yang tidak diinginkan.


Sementara itu, Koordinator Pelabuhan Ajibata Rijaya Simarmata mengapresiasi simulasi menjinakkan bom di Pelabuhan Ajibata. "Kita mengapresiasi simulasi karena Dermaga Ajibata salah satu obyek vital di Destinasi Pariwisata Danau Toba dengan berbagai pengunjung," katanya sebagaimana dilaporkan jurnalis Koran SIB Linggom Parhusip.


Simulasi dihadiri Kapolsek Lumban Julu AKP Robinson Sembiring, Kapospol Ajibata, Ipda S Siringoringo Bahbinkamtibmas Ajibata Aipda JR Paranginangin, serta para pegawai pelabuhan dan pelaku usaha di Ajibata. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com