Tim Gempur Covid-19 Polres Sergai Gelar Ops Yustisi di Lokasi Berbeda


157 view
Tim Gempur Covid-19 Polres Sergai Gelar Ops Yustisi di Lokasi Berbeda
(Foto: Dok/Humas Polres Sergai)
TES SWAB: Tim Gempur Covid-19 Polres Sergai melalui petugas Dinkes melakukan tes swab kepada warga yang melintas di Pos PPKM Mikro Desa Seirampah, Senin (11/10/2021). 
Sergai (harianSIB.com)
Tim Gempur Covid-19 Polres Serdangbedagai (Sergai) menggelar Ops Yustisi di sejumlah lokasi berbeda dalam rangka penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) dan PPkM Mikro guna mencegah dan memutus penyebaran Covid-19, Senin (11/10/2021).

Tim Gempur Covid-19 terdiri dari gabungan personel Polri, TNI, Satpol-PP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sergai ini menggelar Ops Yustisi di Jalinsum Kecamatan Seirampah-Kecamatan Seibamban, Pos PPKM Mikro Desa Firdaus dan SPBU Firdaus Dusun VI Desa Firdaus Kecamatan Seirampah.

Kemudian, Bank BRI Dusun I Desa Seirampah, Pos PPKM Mikro Desa Seirampah, warung mie sop di Dusun I Desa Seirampah Kecamatan Seirampah dan Pos PPKM Mikro Seibamban di Dusun V Desa Seibamban, Kecamatan Seibamban.

Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang melalui Kasubbag Humas, AKP Sopian mengatakan dalam pelaksanaan Ops Yustisi ini, petugas masih menemukan masyarakat yang tidak mengunakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah.

Masih ditemukan warga yang tidak mematuhi prokes dengan tidak menjaga jarak, seperti di lokasi Bank BRI dan di Pos penyekatan. Juga masih ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalulintas dengan tidak menggunakan helm.

"Selain itu, masih ditemukan masyarakat dan para pedagang yang tidak mematuhi prokes, serta tidak memakai masker pada saat melakukan transaksi jual beli. Juga masih ada di temukan warga yang melintas di Pos PPKM Mikro yang tidak memakai masker," ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, lanjut Sopian, petugas memberikan imbauan kepada masyarakat agar mematuhi prokes dan peraturan pemerintah lainya untuk pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Petugas juga menyosialisasikan adaptasi kebiasaan baru, menjalankan aktivitas seperti biasa dengan tetap mematuhi prokes," jelasnya.

Setiap beraktivitas di luar rumah, kata Sopian, masyarakat diimbau wajib menggunakan nasker, rajin nencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1-2 meter.

"Mengimbau masyarakat mengkonsumsi makanan bergizi untuk menambah ketahanan imun tubuh. Bila ada gejala demam, batuk dan pilek, segera periksakan diri ke Puskesmas terdekat. Dan kepada pihak bank dan pemilik warung/kedai diimbau agar menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir beserta sabun," katanya.

Selain itu, tambah Sopian, petugas Dinkes di Pos PPKM Mikro juga melakukan tes Swab kepada 15 orang warga yang melintas di Pos PPKM Mikro Desa Seirampah dengan hasil negarif.

"Dengan Ops Yustisi ini, masyarakat dapat memahami imbauan tentang prokes yang di sampaikan sesuai aturan pemerintah. Masyarakat nemahami pentingnya menjaga jarak dan tata cara pemakaian masker, serta menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Dan jangan lupa untuk olah raga serta istrahat yang cukup, agar tubuh selalu bugar," pungkas Sopian. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com